Dinas TPHP: Gapoktan Sumber Makmur Catat Transaksi Keuangan Mencapai Rp1 Miliar

Kamis, 04 April 2019 - 08:44 WIB
Dinas TPHP: Gapoktan Sumber Makmur Catat Transaksi Keuangan Mencapai Rp1 Miliar
Dinas TPHP: Gapoktan Sumber Makmur Catat Transaksi Keuangan Mencapai Rp1 Miliar
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Rapat Anggota Tahunan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Makmur, Desa Pangkalan Satu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar, Kalteng mencatat transaksi keuangan yang sangat prestisius pada 2018, yaitu mencapai angka Rp1.021.166.678.

Hal tersebut disampaikan oleh Dindin Sarifudin, Kepala Seksi Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (4/4/2019). Menurut Dindin, tingkat kesejahteraan petani yang masih rendah disebabkan lemahnya akses terhadap pemodalan.

Untuk itu, pendampingan dan pembinaan yang dilakukan oleh penyuluh adalah memberikan akses dalam penguatan modal kepada Gapoktan. Hal tersebut untuk mengembangkan agribisnis melalui Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) yang masuk ke Kabupaten Kotawaringin Barat sejak 2008.

“Ini merupakan program strategis Kementerian Pertanian dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat tani di perdesaan,” ujar Dindin.

Dindin Sarifudin mengatakan, dari modal awal pada 2010 sebesar Rp100 juta terhitung per 31 Desember 2018 telah berkembang menjadi Rp.487.236.718,- ini berarti dana tersebut telah berkembang lebih dari 400%.

Lebih lanjut Dindin Sarifudin menambahkan, Gapoktan “Sumber Makmur” Desa Pangkalan Satu Kecamatan Kumai merupakan salah satu Gapoktan penerima dana Program PUAP pada 2010. Upaya pengembangan modal yang dilakukan dengan menyalurkan dana pinjaman kepada semua petani dengan prinsip dari petani oleh petani dan untuk petani.

Semua syarat pinjaman ditetapkan bersama sehingga akses petani terhadap permodalan menjadi lebih mudah. “Tingkat capaian yang diperoleh Gapoktan Sumber Makmur ini dapat dijadikan role model dan percontohan bagi kelompok tani yang lain yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat,” pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.9090 seconds (0.1#10.140)