alexametrics

RKIH Dorong Kabupaten Pangandaran Jadi Wisata Kelas Dunia

loading...
RKIH Dorong Kabupaten Pangandaran Jadi Wisata Kelas Dunia
Calon Anggota DPR RI dari Partai Perindo Linda Kartika Dewi bersama Dewan Pakar RKIH Mayor Jendral TNI Suharno dan Ketua Umum RKIH Kris Budihardjo. Foto/Syamsul Ma'arif
A+ A-
PANGANDARAN - Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) mendorong potensi alam yang ada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat untuk menjadi wisata kelas dunia.

Dewan Pakar RKIH Mayor Jenderal TNI Suharno yang juga sebagai Calon Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nomor Urut 60 mengatakan, RKIH fokus pada persoalan sosial, ekonomi dan budaya. (Baca Juga: Wujudkan Tujuan Wisata Dunia, Pangandaran Butuh Dukungan Semua Pihak)

"Pangandaran ini daerah wisata yang sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi wisata dunia," kata Suharno.



Suharno menambahkan, organisasi RKIH dari mulai pengurus pusat, pengurus provinsi dan pengurus kabupaten akan bersama-sama dengan pemerintah daerah mendorong ke tiga aspek yang menjadi fokus garapan RKIH.

"Tidak menutup kemungkinan, RKIH bakal menggagas akses wisata dari Bandung ke Pangandaran dengan sarana transportasi helikopter," paparnya.

Untuk bidang pertanian, RKIH bakal membahas bersama kesulitan apa yang terjadi di masyarakat selama bertani dari mulai proses dan pemasaran.

Begitu juga masalah sosial yang kerap terjadi di masyarakat, RKIH akan komitmen menyelesaikan bersama dengan akses yang sudah terjalin dengan baik.

"Potensi lokal yang ada seperti UMKM, kegiatan ibu rumah tangga bakal kami fasilitasi dalam bentuk permodalan atau KUR," jelasnya.

Ketua Umum RKIH Kris Budihardjo mengatakan, RKIH sebagai mana yang dikatakan Dewan Pakar RKIH, bahwa RKIH fokus mengembangkan potensi ekonomi, sosial dan budaya.

"RKIH ini organisasi lintas partai dan anggota juga kepengurusannya ada disetiap partai politik, namun memiliki komitmen untuk mengembangkan ke tiga sektor yaitu ekonomi, sosial dan budaya," kata Kris.

Kris menjelaskan, Pangandaran merupakan daerah yang subur yang menarik untuk dikembangkan. Salah satu contohnya banyak pohon pisang yang tumbuh kembang secara merata.

"Saya lihat daun pisang di Pangandaran sepintas saja sudah bagus, itu potensi yang harus digali bersama agar bermanfaat secara ekonomi," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, hadir juga salah satu Calon Anggota DPR dari Partai Perindo Daerah Pilihan Pangandaran, Banjar, Ciamis dan Kuningan Nomor Urut 1 Linda Kartika Dewi.

Linda mengatakan, akses geografis yang sudah ada bakal dikembangkan dan dikemas melalui program yang terintegritas. "Wacana reaktivasi rel kereta api salah satu penunjang yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mendorong perekonomian," kata Linda.

Linda berharap, wacana dan rencana pengembangan wisata wilayah di Kabupaten Pangandaran bisa memberikan manfaat yang dirasakan oleh masyatakat secara menyeluruh.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak