alexametrics

AKCF Jadi Andalan Pulihkan Wisata Anyer

loading...
AKCF Jadi Andalan Pulihkan Wisata Anyer
Pemerintah Kabupaten Serang berkomitmen untuk terus membangkitkan wisata Pantai Anyer dan Cinangka pasca-tsunami Selat Sunda akhir tahun lalu. Sebagai andalan pada dimensi promosi, Pemkab Serang menggelar rangkaian even Anyer Krakatau Culture Festival.
A+ A-
SERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang berkomitmen untuk terus membangkitkan wisata Pantai Anyer dan Cinangka pasca-tsunami Selat Sunda akhir tahun lalu. Sebagai andalan pada dimensi promosi, Pemkab Serang menggelar rangkaian even Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF).

Even rutin AKCF sudah memasuki tahun ketiga sejak dimulai pada 2017. Setiap tahun, selalu ada rangkain even yang berbeda untuk menarik wisatawan datang, terutama komunitas. Terbaru dan sudah dilaksanakan, yakni Lomba Burung Berkicau dan Fun Bike Sejabat yang telah digelar akhir Maret lalu.

Kemudian pada Juni direncanakan event Expo AKCF, Lomba Batik, dan Festival Silat Kaserangan Serang. Juli ada event Gemarikan dan Beach Clean Up. Selanjutnya pada Agustus lebih banyak event. Yakni Color Fun Run, Ngagurah Dano, dan Lomba Kuliner.



Pada September ada Lomba Mancing Selat Sunda, Anyer Krakatau Bike Festival, dan Anyer Krakatau Adventure Destination. Kemudian pada Oktober seiring dengan hari jadi Kabupaten Serang, ada AKCF Surfing Competition, Pameran UMKM, dan Festival Bedol Pamarayan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Serang Hamdani, Senin (2/4/2019), sesuai arahan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, rangkaian AKCF harus dibuat rutin per bulan. “Dua kegiatan telah kami gelar yang mengundang komunitas burung dan komunitas sepeda. Agenda selanjutnya akan kami gelar,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Serang dan langsung disambut Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Pendopo Bupati, Senin (1/4/2019). Pada kesempatan silaturahmi tersebut, keduanya sepakat untuk mewujudkan “Anyer Reborn’, sebagai wujud komitmen membangkitkan kembali pariwisata pantai pasca tsunami Selat Sunda.

Kemenpar telah membentuk Tim Selat Sunda Aman. Tiga strategi pemulihan sektor pariwisata Selat Sunda di Banten dan Lampung dengan total anggaran kurang lebih Rp 15 miliar, yakni pemulihan sumber daya manusia (SDM), pemulihan pemasaran, dan pemulihan destinasi terdampak. Kemenpar memberikan dukungan 49 kegiatan pemulihan di Banten dan sampai dengan 30 Maret 2019, telah dilaksanakan 16 Kegiatan atau 32,65 persen.

Hamdani menyatakan, Bupati Serang sudah memerintahkan agar aktif berkoordinasi untuk melakukan sinkronisasi kegiatan AKCF dengan kegiatan Kemenpar. Hal tersebut dalam rangka komitmen bersama dalam mewujudkan Anyer Reborn. “Ibu Bupati sangat konsen dan maksimal dalam memulihkan pariwisata Pantai Anyer dan Cinangka,” ujarnya.
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak