alexametrics

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ino S Rawita

Pariwisata Memiliki Peran Penting dalam Pembangunan

loading...
Pariwisata Memiliki Peran Penting dalam Pembangunan
Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ino S Rawita. (Istimewa).
A+ A-
PROVINSI Banten dianugerahi potensi alam yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata. Tak hanya Pantai Anyer, banyak lagi potensi wisata yang dapat dikunjungi untuk mengisi liburan bersama keluarga.

Untuk mengetahui apa saja upaya pengembangan dunia pariwisata di Banten, berikut wawancara wartawan KORAN SINDO Teguh Mahardika bersama Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ino S Rawita.

Apa konsep pembangunan wisata Banten yang harus dikembangkan?
Pariwisata suatu daerah memiliki peran penting dalam mempromosikan potensi pariwisata daerah terkait. Dalam hal ini Dinas Pariwisata Provinsi Banten harus berkelanjutan. Mengajak para penggiat pariwisata, baik berasal dari pemerintah maupun stakeholder dalam mengidentifikasi jenis wisata yang akan diangkat sebagai ikon pariwisata Banten.



Siapa saja yang harus terlibat dalam program itu?
Pariwisata merupakan salah satu event organizer yang tidak bisa dilaksanakan oleh satu pihak saja, tetapi harus dilaksanakan dengan cara berkolaborasi. Karena semuanya ada keterkaitan. Mari bersama-sama memajukan Banten. Mudah-mudahan Banten ke depan semakin terkenal dan terkenang. Pak Gubernur sudah memulai mendata seluruh aset wisata di Banten dan kompak bersama Ibu Bupati, Pak Bupati, Wali Kota.

Pengelolaan kawasan pariwisata apa yang harus dilakukan?
Ada beberapa hal yang mendasari terkait dengan kepariwisataan mulai dari pengelolaan destinasi wisata sampai pada infrastruktur penunjang daerah wisata agar pada saat kedatangan wisatawan lokal maupun mancanegara benar-benar sudah siap.

Bagaimana konsepnya supaya menarik?
Pariwisata itu menjadi kesenangan hati sehingga ketika orang masuk ke tempat wisata itu, pulangnya menyenangkan dan akan kembali lagi. Bukan sebaliknya, begitu orang datang ke sana (objek wisata) tidak balik lagi karena ada sampah, mau ke toilet susah, disuruh bayar, makan mahal. Satu kali berkunjung saja mereka akan kapok, tidak akan kembali lagi berkunjung.

Destinasi wisata apa saja yang bisa dikembangkan di Banten?
Banten memiliki potensi kepariwisataan yang sangat besar, tidak hanya wisata alam, namun juga wisata budaya, sejarah, maupun buatan. Khusus wisata buatan dalam beberapa tahun terakhir menjadi unggulan di Provinsi Banten. Hal itulah melatarbelakangi dicanangkannya revitalisasi besarbesaran terhadap kawasan Kesultanan Banten yang dimulai sejak 2017. Ini merupakan langkah nyata Pemerintah Provinsi Banten dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara.

Bagaimana dukungan pemerintah daerah?
Alhamdulillah, dengan perjuangan Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur serta didukung aparaturnya, Banten semakin lama menjadi cemerlang, meski tentu penuh kritik membangun. Ini semuakan untuk Banten yang kita cintai.

Koordinasi seperti apa yang dilakukan agar semua pihak mendukung?
Seperti melalui forum diskusi butuh dilakukan agar timbul sinergitas antara pemerintah daerah dengan seluruh stakeholder dan para pelaku pariwisata. Tujuannya untuk membangkitkan dan mengembangkan pariwisata di Banten. Semua stakeholder pariwisata harus tanggung jawab, termasuk Pemprov Banten, agar Banten menggeliat dan mendatangkan devisa tentang peningkatan perekonomian berkaitan dengan masuknya pendapatan dari sektor pariwisata.

Siapa saja yang harus berperan untuk pengembangan wisata di Banten?
Ini perlu tangan-tangan kreatif agar objek wisata yang sangat banyak di Banten ini berdampak pada pembangunan ekonomi masyarakat.

Lantas, bagaimana cara memulihkan wisata Anyer pascatsunami?
Kami sering menggelar forum diskusi sebagai upaya mempercepat recovery sektor pariwisata di Banten pascabencana tsunami. Pemerintah Provinsi Banten menginisiasi sinergi antara pemerintah provinsi, kabupaten/kota, dan lembaga lainnya, untuk memulihkan sektor pariwisata. Selain itu, upaya yang dilakukan mengajak rekan-rekan dunia usaha untuk ikut berperan serta membangun sektor pariwisata melalui alokasi dana corporate social responsibilities (CSR). Kemudian para dosen pendamping desa wisata dari beberapa perguruan tinggi kami minta ikut berperan aktif, khususnya terkait pengembangan desa wisata yang kami yakini bersama adalah pilar utama pembangunan pariwisata berkelanjutan.

Untuk strategi pemasaran apa saja yang sudah dilakukan?
Pemerintah Provinsi Banten berupaya mengembangkan formulasi dan menguatkan strategi pemasaran pariwisata Banten yang berkelanjutan dengan melibatkan para pemangku kepentingan pariwisata yang ada. Dengan upaya diskusi, kami harapkan dapat menghasilkan rumusan kebijakan pembangunan destinasi pariwisata yang komprehensif, holistik, dan nyata, sebagai pedoman kebijakan Pemerintah Provinsi Banten dan kabupaten/kota dalam membangun kepariwisataan di Provinsi Banten.
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak