Gunung Lewotobi Erupsi 3 Kali, 7 Desa di Flores Timur Diguyur Hujan Abu

Jum'at, 07 Juni 2024 - 09:05 WIB
loading...
Gunung Lewotobi Erupsi 3 Kali, 7 Desa di Flores Timur Diguyur Hujan Abu
Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami erupsi tiga kali, Jumat (7/6/2024). Foto: iNews TV/Joni Nura
A A A
FLORES TIMUR - Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami erupsi tiga kali, Jumat (7/6/2024). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyebutkan letusan abu vulkanik mencapai 900 meter.

Alhasil, erupsi yang masih berlangsung hingga kini menyebabkan hujan abu vulkanik di permukiman warga sekitar lereng gunung. Erupsi yang disertai gemuruh ini menyebabkan hujan abu pada tujuh desa di sekitar lereng gunung.



Di antaranya Desa Nawakote, Desa Hokeng Jaya, Desa Boru, Desa Padang Pasir, Desa Klatanlo, Desa Pululera, dan Desa Duli Pali. “Status Gunung Lewotobi masuk Level II (Waspada),” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Lewotobi, Herman Yoseph, Jumat (7/6/2024).



Pihak PVMBG meminta warga tidak beraktivitas dalam radius dua kilometer dari puncak gunung. Untuk sektor timur laut, radius larangan diperluas hingga lima kilometer mengingat adanya aliran lava pijar dari perut gunung.

Warga juga diminta selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah. Hingga saat ini, erupsi masih terus terjadi. Namun, warga di sekitar gunung belum mau mengungsi dan memilih bertahan di rumah.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)
pixels