alexametrics

Anak Sekda Gagal Lolos CPNS Pemprov Jateng

loading...
Anak Sekda Gagal Lolos CPNS Pemprov Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menyerahkan SK CPNS Jawa tengah di Semarang, Jumat (29/3/2019). Foto Ist
A+ A-
SEMARANG - Anak Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono tidak lolos dalam seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Dari total formasi 1.926 yang dibuka Pemprov Jateng hanya 1.841 peserta yang dinyatakan lolos seleksi.

Mereka menerima SK CPNS yang berikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ribuan penerima SK tersebut telah melalui berbagai tahapan seleksi dari administrasi sampai uji kemampuan. Setidaknya ada enam tahapan yang harus dilalui para peserta tes CPNS dari pendaftaran hingga pengumuman kelolosan.

Tahapan yang sering dianggap terberat adalah proses Computer Assisted Test (CAT). Dalam proses CAT tersebut terdapat slot pertanyaan tentang kemanusiaan hingga kebangsaan. Ganjar menegaskan bahwa proses dan hasil CPNS ini tidak ada campur tangan atau intervensi dari pihak manapun.



“Ini kita tunjukkan penerimaannya secara fair. Tadi saya sempat menanyakan apakah ada kolusi, mbayar, yang prosesnya tidak bener. Semuanya clear. Putrane Pak Sekda aja enggak keterima. Ini kita tunjukkan bahwa kita fair," kata Ganjar, Jumat (29/3/2019).

Ganjar mengatakan, para CPNS ini merupakan bibit-bibit unggul pegawai negeri sipil. Mereka terdiri dari tenaga medis, tenaga pendidikan, serta fungsional yang akan diangkat sebagai abdi negara.

"Mereka adalah energi baru di birokrasi. Ada lebih banyak gurunya. Ada tenaga fungsional dan beberapa tenaga teknis. Dan ada yang dari yang berkebutuhan khusus,” timpalnya.

Semua peserta yang lolos harus melalui tahapan CPNS selama satu tahun untuk membuktikan kapasitasnya dalam berbagai pelatihan dan ujian melalui masa orientasi, masa pra jabatan, dan lainnya. Dari sisi pendapatan, mereka hanya akan menerima gaji sebesar 80 persen dari gaji PNS.

"Ada harapan besar kepada mereka sebagai abdi negara mereka menjaga NKRI, Pancasila, silaturahmi, yang guru guru anak anak muridnya punya karakter dan kepribadian yang baik. Yang umum kita minta untuk menjaga integritas. Layanan mudah murah cepat," tandasnya.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak