alexametrics

2 Jam Dilanda Hujan, Jalanan di Kota Malang Lumpuh Akibat Banjir

loading...
2 Jam Dilanda Hujan, Jalanan di Kota Malang Lumpuh Akibat Banjir
Hujan lebat selama sekitar dua jam lamanya membuat air meluap ke jalan-jalan utama, dan perkampungan padat di Kota Malang. Akibatnya, jalur lalulintas sempat lumpuh selama berjam-jam. Foto SINDOnews
A+ A-
MALANG - Hujan lebat selama sekitar dua jam lamanya membuat air meluap ke jalan-jalan utama, dan perkampungan padat di Kota Malang. Akibatnya, jalur lalulintas sempat lumpuh selama berjam-jam. Salah satu titik terparah terjadi di Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Kemirahan.

Kantor PT Bina San Prima (BSP), yang posisinya lebih rendah dari Jalan Ahmad Yani, terendam air hingga setinggi 1,5 meter. "Ini banjir besar yang kedua kalinya. Sebelumnya pernah terjadi banjir besar pada Desember 2018," ujar Maria (39), salah satu karyawan PT BSP.

Dia bersama karyawan lainnya, harus berjibaku melintasi derasnya arus air yang menerjang kantornya, untuk mencari lokasi yang lebih tinggi dan menghindari genangan air.



Seluruh kendaraan karyawan, dan barang-barang di dalam kantor tidak terselamatkan lagi, karena air begitu cepat menerjang masuk kantor distributor obat tersebut.

"Sebelum banjir, hujan turun sangat deras. Setelah itu dengan cepat air banjir dari saluran air di Jalan Ahmad Yani masuk ke dalam kantor. Luapan air mulai masuk kantor sekitar pukul 16.30 WIB," ungkapnya.

Derasnya air yang menerjang kantor tersebut, membuat tembok kantornya hancur. Bahkan, beberapa ruangan juga mengalami kerusakan. "Tidak sempat menyelamatkan barang-barang, dan kendaraan. Semuanya hancur diterjang air banjir," terangnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Handi Priyanto menyebutkan, ada 17 titik yang tergenang banjir, dan satu titik mengalami longsor.

17 titik banjir itu antara lain terjadi di Jalan Ahmad Yani; Jalan Letjen S. Parman; Jalan Bantaran; Jalan Letjen Sutoyo; Jalan Sulfat; Jalan Mawar; Jalan Candi Kalasan; dan Jalan Ahmad Yani Utara.

"Selain itu, banjir juga terjadi di Jalan Industri Barat; Jalan Borobudur; Jalan Plaosan Barat; Jalan Bungur; Jalan Veteran; Jalan Soekarno-Hatta; Jalan Pekalongan Dalam; Jalan Simpang Setaman; dan Jalan Selorejo," ujarnya.

Dia mengungkapkan, saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Malang, bersama petugas gabungan, masih berada di lapangan untuk membantu masyarakat yang mengalami bencana banjir.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak