alexametrics

Mendadak, Air Terjun Keluar Menerjang Kawah Gunung Galunggung

loading...
Mendadak, Air Terjun Keluar Menerjang Kawah Gunung Galunggung
Nampak dari kejauhan air keluar dari dinding Gunung Galunggung akibat derasnya hujan yang mengguyur bumi Tasikmalaya. Foto/SINDOnews/Jani Noor
A+ A-
TASIKMALAYA - Hujan yang mengguyur Tasikmalaya mengakibatkan banjir dimana-mana. Bahkan pada Kamis sore (28/3/2019) sekira pukul 15.00 WIB, nampak air terjun dadakan turun ke Kawah Gunung Galunggung. Warga pun keluar rumah menyaksikan fenomena langka itu. Apalagi sebelumnya hampir dua desa di Sukaratu yang berdekatan dengan Galunggung terkena banjir bandang.

Warga Kampung Batu Bulu, Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Fahmi Muzaki mengatakan tidak diketahui pasti kapan air dari bukit Galunggung keluar.

Dari kejauhan, kata dia, nampak seperti air terjun yang turun langsung ke Kawah Galunggung. Fahmi pun bersama warga lain terus memantau derasnya air tersebut karena khawatir meluber menerjang perkampungan.



Petugas jaga Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Galunggung, Yudi membenarkan adanya air deras yang turun dari tebing barat daya Gunung Galunggung.

Akan tetapi, ujarnya, kejadian tersebut sudah lama tapi terlihat jelas sekarang karena derasnya air akibat hujan yang terus mengguyur.

"Memang betul ada air yang turun dari tebing barat daya. Tapi itu sudah lama yang kemungkinan pengerusan dinding oleh aliran air dari kawah guntur yang berada diatas dinding galunggung," kata Yudi, Kamis (27/3/2019).

Yudi pun mengimbau agar tidak ada yang turun ke kawah karena potensi longsor sangat tinggi. "Kalau air berdampak ke pemukiman saya rasa kecil sekali karena air tidak langsung masuk ke sungai-sungai disekitar galunggung," tuturnya.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak