alexametrics

PLN Amankan Pasokan Listrik saat UNBK di Sulut

loading...
PLN Amankan Pasokan Listrik saat UNBK di Sulut
PT PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo mengamankan pasokan listrik saat digelar UNBK dengan serangkaian upaya antisipasi berupa perbaikan serta pemeliharaan mulai dari sisi pembangkit, jaringan transmisi serta distribusi. Foto pegawai PLN bersiaga/SINDOnew
A+ A-
MANADO - Pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dilaksanakan serentak di seluruh sekolah di Indonesia sejak, Senin 25 Maret 2019. Kesuksesan pelaksanaan UNBK ini tak lepas dari peran PLN dalam menjaga pasokan listrik.

Manager Komunikasi Unit Induk Wilayah Suluttenggo, Jantje Rau menjelaskan, untuk mengamankan pasokan listrik jelang UNBK, PLN telah melakukan serangkaian upaya antisipasi berupa perbaikan serta pemeliharaan mulai dari sisi pembangkit, jaringan transmisi serta distribusi.

Khusus di jaringan distribusi, upaya perbaikan dan pemeliharaan tersebut antara lain dengan melakukan pemangkasan pohon di dekat jaringan listrik, melakukan pemeliharaan trafo distribusi.



Upaya lainnya adalah melakukan visitasi ke sekolah-sekolah untuk mengetahui kondisi instalasi listrik serta kesiapan daya listrik dimasing-masing sekolah.

Visitasi ke sekolah-sekolah juga sebagai upaya untuk mengetahui secara langsung kendala yang dihadapi oleh sekolah agar dapat segera diatasi.

"Untuk mengantisipasi jika terjadi gangguan mendadak saat pelaksanaan UNBK, PLN telah mempersiapkan beberapa genset mobile di setiap kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dan Unit Layanan Pelanggan (ULP). Masing-masing kantor ULP telah mempersiapkan genset mobile dengan berbagai kapasitas daya mampu yang dapat sewaktu-waktu bergerak ke sekolah-sekolah jika terjadi gangguan listrik," kata Jantje Rau, Selasa (26/3/2019).

Sementara jika terjadi gangguan pada trafo distribusi yang membutuhkan penanganan serta perbaikan yang cukup lama, PLN juga telah menyiapkan Unit Gardu Bergerak (UGB) dengan berbagai kapasitas daya disetiap kantor ULP.

“PLN telah menyiapkan SOP pengamanan pasokan listrik jelang UNBK, hal ini agar memperkuat pasokan listrik dan tentunya komunikasi antara PLN dengan Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah,”katanya.

Untuk layanan gerak cepat, kata dia, PLN sudah menyiapkan petugas Layanan Teknik serta kendaraan roda 4 dan roda 2 yang sedia melayani jika sewaktu-waktu dibutuhkan saat terjadi gangguan listrik.

Seperti diketahui sebanyak 14.764 siswa dari 183 sekolah negeri dan swasta se-Sulut mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dimulai Senin 25 Maret 2019.
(sms)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak