alexametrics

Sidak Tambang Pasir di Lereng Kelud, Satpol PP Temukan Banyak Alat Berat

loading...
Sidak Tambang Pasir di Lereng Kelud, Satpol PP Temukan Banyak Alat Berat
Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur menyidak lokasi penambangan pasir di aliran lahar dingin Kali Putih Gunung Kelud, Desa Karangrejo, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Senin (25/3/2019).
A+ A-
BLITAR - Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur menyidak lokasi penambangan pasir di aliran lahar dingin Kali Putih Gunung Kelud, Desa Karangrejo, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Senin (25/3/2019). Hasilnya Satpol PP menemukan ratusan penambang ilegal dengan menggunakan alat berat untuk mengeruk pasir.

Tidak hanya itu juga banyak ditemukan penambang pasir yang tidak memiliki izin mengolah sumber daya alam atau menambang secara ilegal.

Kasatpol PP Provinsi Jawa Timur Budi Santosa mengatakan, tujuan sidak ini merupakan upaya preventif agar para penambang yang menggunakan alat berat mengurus izin untuk mengelola sumber daya alam.



Sementara itu Bajang salah satu penambang pasir di Kabupaten Blitar mengaku sulit untuk mendapatkan izin dari pemerintah. Selama ini ada beberapa penambang di sekitaran Kali Putih yang menggunakan cara tradisional dan menggunakan alat berat untuk mengeruk pasir.

Selain di Blitar penambang pasir di aliran lahar dingin Gunung Kelud juga ada di sekitar Kabupaten Kediri. Ada sekitar 2.000 penambang yang mengantungkan hidup dari mutiara hitam Gunung Kelud ini.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak