alexametrics

Bromo Terus Erupsi, Warga Sulit Mencari Rumput untuk Pakan Ternak

loading...
Bromo Terus Erupsi, Warga Sulit Mencari Rumput untuk Pakan Ternak
Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo yang terus mengeluarkan abu vulkanik yang melanda desa dan lahan pertanian di Kawasan Lereng Gunung Bromo sisi Timur, Senin (25/3/2019). Foto iNews TV/ Hana P
A+ A-
PROBOLINGGO - Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo yang terus mengeluarkan abu vulkanik yang melanda desa dan lahan pertanian di Kawasan Lereng Gunung Bromo sisi Timur, Senin (25/3/2019). Arah angin yang terus ke timur memaksa Desa Ledok Ombo, Wonokerso, Gemito, Pandan Sari; Kecamatan Sumber dan Desa Ngadirejo; Kecamatan Sukapura terpapar abu vulkanik sejak 4 hari terakhir.

Paparan abu vulkanik terus mengguyur lahan pertanian – permukiman bahkan terumputan di lereng gunung ini.

Dampak dari rerumputan terpapar abu vulkanik ini warga setempat mulai mengaku kesulitan mencari rumput untuk pakan hewan ternak seperti kuda, kambing dan sapi milik warga. Paparan abu vulkanik yang mengandung silika bisa berdampak buruk pada kelangsungan hidup ternak milik warga.



“Biasanya warga membersihkan dulu abu vulkanik dengan cara di kebas kemudian dipotong rumputnya. Meski demikian terkadang hewan ternak tidak mau memakan rerumputan yang sudah terpapar abu vulkanik,” kata warga setempat Sarimah.

Kalau kondisi tersebut terus terjadi hewan ternak miliknya akan kurus dan bisa mati. “Seperti erupsi tahun sebelumnya dimana hewan miliknya kurus dan mati warga biasanya menjual ternaknya dengan harga murah,” timpalnya.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak