alexametrics

Gunung Bromo Terus Erupsi, BPBD Siapkan Jalur Evakuasi

loading...
Gunung Bromo Terus Erupsi, BPBD Siapkan Jalur Evakuasi
Gunung Bromo di Probolinggo Jawa Timur terus menyemburkan abu vulkanik. Menyikapi itu, BPBD setempat sudah menyiapkan jalur evakuasi untuk warga sekitar. Foto/iNews TV/Hana Purwadi
A+ A-
PROBOLINGGO - Hingga kini kondisi Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur terus erupsi dan menyemburkan material abu vulkanik.

Untuk mengantisipasi dampak erupsi di wilayah sekitarnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyiapkan jaluar evaluasi dan titik kumpul masyarakat di wilayah terdampak bencana.

Berdasarkan hasil pengamatan petugas Pos Pantau Gunung Api, Gunung Bromo di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, gunung ini terus mengalami erupsi, Minggu (24/3/2019) pagi



Material abu vulkanik bercampur asap putih pekat dan kelabu yang terus keluar dari kawah dengan ketinggian rata rata 300-900 meter dari puncak kawah.Embusan abu vulkanik tertiup ke wilayah lereng Gunung Bromo, sesuai tiupan angin.

Sejak empat hari terakhir, arah angin yang mengarah ke timur dan tenggara memaksa kawasan beberapa desa, yakni Ledok Ombo, Wonokerso, Gemito, Pandan Sari, Kecamatan sumber terpapar abu vulkanik.

Karena aktivitas kegempaan yang tidak signifikan dan dominan 2 mili meter, Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) belum menaikan status gunung tersebut. Saat ini Bromo masih pada level 2 atau waspada.

Kendati demikian, BPBD Kabupaten Probolinggo sudah menyiapkan jalur evakuasi dan titik kumpul warga. "Bila (aktivitas-red) terus meningkat, kita sudah siapkan titik kumpul dan evakuasi," kata Kepala BPBD setempat, Anggit Hermanuadi, Minggu pagi.

Untuk wilayah Kecamatan Sumber dan Sukapura, sudah ada titik kumpul masing-masing di kantor desa dan kemudian evakuasi di selter di kecamatan masing masing.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak