alexametrics

4 Kontainer Surat Suara Pemilu 2019 Tiba di Bangka Belitung

loading...
4 Kontainer Surat Suara Pemilu 2019 Tiba di Bangka Belitung
Empat kontainer surat suara Pemilu serentak April 2019 telah tiba di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Provinsi Babel. Foto/Arsan Mailanto
A+ A-
PANGKAL PINANG - Menghadapi Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat telah mengirimkan surat suara ke seluruh Indonesia. Salah satunya telah mendarat di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Ketua KPU Babel Davitri mengungkapkan, surat suara sebanyak empat kontainer telah tiba di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Babel. (Baca Juga: Kontainer Pembawa Surat Suara Ambles di Gedung KPU Sikka)

Suart suara ini datang dari pelabuhan Tanjung Priok, dengan percetakan di Makassar yang ditunjuk oleh KPU. "Baru sampai ke Pulau Bangka itu 4 kontainer untuk 5 kabupaten/kota seperti Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Selatan, Bangka Tengah dan Bangka Barat," ujarnya di Pelabuhan Pangkalbalam, Jumat (22/3/2019).



Ia menyampaikan surat suara yang datang 4 kontainer ini untuk pemilihan caleg DPR, kabupaten/kota dan provinsi. Untuk surat suara ke Kabupaten Belitung dan Belitung Timur (Beltim) akan diberangkatkan dari Tanjung Priok.

"Kita sudah koordinasi dengan ekspedisi untuk segera dikirimkan ke Pulau Bangka dan Belitung karena waktu sudah mendesak," sebut Davitri.

Sementara surat suara Capres Cawapres dan anggota DPD sudah berada di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Diungkapkan Davitri, surat suara telah ada pihaknya meminta kepada KPU kota/kabupaten segera melakukan proses pensortiran dan lipat, sebab KPU Babel memastikan H-1 telah tiba di TPS masing-masing di setiap wilayah.

"Kita juga akan memaksimalkan SDM dan anggaran yang ada. Segera laporkan apabila ada surat suara yang rusak, karena dengan waktu yang tidak sampai satu bulan ini kita bergerak cepat agar dapat menyelesaikan tugas ini," tukasnya.

Sejauh ini KPU Babel masih menunggu 2 logistik lagi yang belum tiba seperti surat suara dan formulir. Logistik Pemilu 2019, diyakini pada 17 April lengkap dan cukup H-1 sebelum pencoblosan.

Surat suara yang telah tiba sebanyak 4 kontainer ini akan dimasukkan ke PT Bangka Jaya Line (BJL) di Ketapang. Setelah itu distribusikan ke KPU kabupaten/kota masing-masing.

"Terkait pengamanan distribusi surat suara, kita sudah berkoordinasikan dengan pihak keamanan TNI/Polri dan pihak instansi terkait lainnya," tutup Davitri.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak