alexametrics

Becak Listrik UHN Medan Ditargetkan Rampung pada Hardiknas

loading...
Becak Listrik UHN Medan Ditargetkan Rampung pada Hardiknas
PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut dan UHN Medan menargetkan betor listrik rampung pada 2 Mei 2019, Hari Pendidikan Nasional. Foto/M Andi Yusri
A+ A-
MEDAN - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara (Sumut) dan Universitas HKBP Nomensen (UHN) Medan menargetkan becak motor (betor) listrik akan rampung pada 2 Mei 2019, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

"Pengendara kendaraan listrik kini sudah tidak perlu khawatir lagi akan ketersediaan listrik di Sumatera Utara. PLN sudah memiliki stasiun pengisian listrik umum (SPLU) di 15 titik yang berada di beberapa kota di Sumut," jelas Wiluyo, Kamis (21/3/2019). (Baca Juga: PLN dan UHN Medan Konversi Betor Berenergi Fosil Menjadi Becak Listrik)

Dikatakannya, untuk perencanaan selanjutnya adalah setiap 20 Km di sepanjang jalan lintas utama provinsi Sumatera Utara juga akan didirikan SPLU guna mendukung kebutuhan pengisian ulang kendaraan listrik.



"PLN berharap ke depannya seluruh masyarakat akan menggunakan listrik sebagai energi utama. Baik dalam berkendara maupun kegiatan lainnya seperti memasak dengan menggunakan kompor induksi atau kompor listrik," terangnya.

Untuk progresnya, setelah diassembling di Laboratorium Proses Produksi Fakultas Teknik UHN dengan berat total Chasis terpasang seberat 20 Kg dan beban tambahan 100 Kg, mahasiswa mengoperasikan pada kecepatan rata-rata 30-40 Km/jam dengan posisi baterai penuh.

Pengujian dilakukan di lingkungan kampus pada malam hari karena mengingat sumber energi untuk lampu motor juga bersumber dari baterai. Sehingga bisa diketahui berapa lama bisa bertahan baterai dengan lampu menyala.Posisi angka pada spedometer dicatat sebelum berjalan dan setelah stop, dimana dengan posisi baterai dari penuh hingga lemah jarak yang ditempuh mencapai 80 km/jam.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak