alexametrics

Kebakaran Kelenteng Tertua di Semarang, Juru Kunci Tewas

loading...
Kebakaran Kelenteng Tertua di Semarang, Juru Kunci Tewas
Petugas mengevakuasi jenazah Om Lhay (70), juri kunci Kelenteng Tay Kak Sie Kota Semarang yang terbakar dini hari tadi. Foto: Taufik Budi/iNews
A+ A-
SEMARANG - Kebakaran dahsyat yang meludeskan Kelenteng Tay Kak Sie Kota Semarang, Jawa Tengah, meninggalkan duka mendalam. Seorang juru kunci ditemukan tewas di antara puing-puing, karena terjebak kobaran api.

"Benar ada satu orang yang meninggal atas nama Om Lhay, usianya 70 tahun. Dia sebagai juru kunci kelenteng," ujar Komandan Peleton 2, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Agus Nurhadi, di lokasi kejadian, Kamis (21/3/2019) pagi.

Jenazah korban ditemukan setelah petugas yang mengerahkan 12 unit mobil pemadam kebakaran berjibaku menjinakkan api. Jasad pria malang itu kemudian dievakuasi dari puing-puing bangunan untuk dibawa ke rumah sakit. (Baca juga: Kelenteng Tertua di Semarang Tay Kak Sie Ludes Terbakar)



"Tadi petugas pemadam kebakaran juga telah mengevakuasi jenazah korban. Kita minta kantong mayat dari BPBD. Selanjutnya tadi ada petugas kalau enggak salah dari PMI yang membawa jenazah korban ke rumah sakit. Baru 10 menit lalu," terang dia.

Sebelumnya diberitakan, kelenteng yang menjadi kebanggaan Kota Semarang ludes terbakar. Api diketahui muncul pertama kali sekitar pukul 04.30 WIB. Petugas pemadam kebakaran langsung bergerak ke lokasi kelenteng yang berada di kawasan Pecinan itu. (Baca juga: Dilalap Api, Bangunan Utama Kelenteng Tay Kak Sie Tinggal Puing)

Tempat ibadah ini memiliki catatan sejarah panjang karena usianya sudah mencapai 2,5 abad. Terdapat patung Laksamana Cheng Ho yang berdiri gagah tepat di depan kelenteng.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak