alexametrics

Gempa Tektonik 3,8 SR Guncang Alor NTT, Tidak Berpotensi Tsunami

loading...
Gempa Tektonik 3,8 SR Guncang Alor NTT, Tidak Berpotensi Tsunami
Gempa Tektonik 3,8 SR mengguncang wilayah Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sekitar pukul 19.33.13 WITA, Rabu (20/3/2019). Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
KUPANG - Gempa Tektonik 3,8 SR mengguncang wilayah Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sekitar pukul 19.33.13 WITA, Rabu (20/3/2019).

Sesuai rilis yang dikeluarkan Stasiun Geofisika Kampung Baru-Kupang disebutkan bahwa Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8.45 LS-125.16 BT, tepatnya di Laut pada 69 Km Tenggara Alor dengan kedalaman 10 Km. Namun pihak BMKG menyebut gempa tersebut tidak menimbulkan gelombang Tsunami sehingga warga di Pulau Alor tidak perlu kuatir.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa penjalaran getaran gempa dirasakan dari laporan masyarakat, dampak gempa bumi berupa guncangan yang dirasakan dalam skala II-III MMI di Alor. Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter.



"Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami," tandas Robert Owen Wahyu, Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru- Kupang

Hingga saat ini, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak