alexametrics

Polisi Selidiki Kebakaran di 30 Hektare Lahan Perusahaan Sawit

loading...
Polisi Selidiki Kebakaran di 30 Hektare Lahan Perusahaan Sawit
Kebakaran hebat melanda lahan milik PT Tani Subur Makmur (TSM) yang merupakan salah satu perusahaan kelapa sawit di Riau. Polisi saat ini menyelidiki apakah kebakaran itu sengaja dilakukan atau tidak. Okezone/Banda
A+ A-
PEKANBARU - Kebakaran hebat melanda lahan milik PT Tani Subur Makmur (TSM) yang merupakan salah satu perusahaan kelapa sawit di Riau. Polisi saat ini menyelidiki apakah kebakaran itu sengaja dilakukan atau tidak.

Kebakaran di kebun sawit milik PT TSM berada di Desa Sei Guntung Hilir Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Areal yang terbakar merupakan lahan semak belukar. Kebakaran sudah terjadi sudah beberapa hari.

"Proses terhadap kejadiaan tersebut sedang dilakukan lidik. Status lahan tersebut adalah status quo (belum boleh digunakan)," ujar Kapolres Ihhu AKBP Dasmin Ginting, Rabu (20/3/2019).



Dia menjelaskan, upaya pemadaman di lahan perusahaan terus dilakukan oleh tim gabungan dari BPBD, Manggala Agni, TNI dan Polri. Namun hari ini, tim sudah berhasil menguasai kobaran api. "Kita sudah berupaya melakukan langkah pemadaman dan melokalisir lokasi dengan melibatkan semua unsur terkait,"imbuhnya.

Paur Humas Polres Inhu Aipda Misra menambahkan, bahwa lahan yang terbakar itu merupakan lahan tidur dan bergambut. "Pemadaman dilakukan dengan menggunakan mesin air dan mobil pemadam. Tim melakukan pembasahan, namun kondisi lahan masih mengeluarkan asap," imbuhnya.

Kebakaran hutan dan lahan di Riau hari ini terjadi di 11 kabupaten dan kota. Kebakaran juga melanda Taman Nasional Tesso Nillo di Kabupaten Pelalawan yang merupakan tempat habitan gajah Sumatera dan api juga mendekati kawasan Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan di Kabupaten Inhu yang merupakan habitat harimau Sumatera.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak