Riau Dikepung 156 Titik Panas, Dumai Diselimuti Asap

Selasa, 19 Maret 2019 - 18:06 WIB
Riau Dikepung 156 Titik Panas, Dumai Diselimuti Asap
Riau Dikepung 156 Titik Panas, Dumai Diselimuti Asap
A A A
PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau terus meluas. Berdasarkan pantauan satelit, hari ini terpantau sebanyak 156 hotspot (titik panas). Titik panas tersebut tersebar di 11 kabupaten dan kota. Kebakaran ini menyebabkan Kota Dumai kembali diselimuti kabut asap.

"Kebakaran menyebabkan visibility (jarak pandang) di Kota Dumai hanya 4 kilometer," ucap Forecaster on Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Sanya Gautami, Selasa (19/3/2019).

BMKG menyebutkan hotspot terpantau di Kabapaten Bengkalis sebanyak 38 titik, Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 29 titik panas. Kemudian di Kabupaten Kampar ada dua titik. "Di Kota Dumai yang diselimuti asap terpantau 16 titik, Kabupaten Pelalawan 37 titik dan Kabupaten Siak terdeteksi ada tujuh hot spot," imbuhnya.

Selain itu kebakaran juga terdeteksi sebanyak 17 titik di Kabupaten Rokan. Di Kabupaten Rokan Hulu ada dua titik, Kabupaten Indragiri Hilir ada tiga titik.
Sedangkan Pekanbaru ibukota Riau terpantau 1 hotspot dan di Kabupaten Indragiri Hulu ada empat titik. Hanya Kabupaten Kuansing tidak ditemukan titik panas.

"Jumlah titik panas sore ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tadi pagi banyak hanya terpantau 86 titik," pungkasnya.

Provinsi Riau saat ini sudah berstatus darurat kabut asap. 10 helikopter dan 1 pesawat sudah dikerahkan membantu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4886 seconds (0.1#10.140)