alexametrics

3.000 Pohon Langka Ditanam di Sepanjang Tol Tangerang-Merak

loading...
3.000 Pohon Langka Ditanam di Sepanjang Tol Tangerang-Merak
PT Marga Mandalasakti menanam pohon buah langka sebanyak 3.000 batang di sepanjang jalan tol Tangerang-Merak. Foto/Rasyid Ridho
A+ A-
SERANG - PT Marga Mandalasakti menanam pohon buah langka sebanyak 3.000 batang pada tahun 2019 di sepanjang jalan tol Tangerang-Merak, Banten. Penanaman dilakukan untuk menjaga pohon langka dari kepunahan.

"3.000 pohon buah langka akan kita tanam sepanjang tahun 2019 ini. Penanaman pohon dilakukan agar tol juga menjadi asri, kanan kirinya pepohonan rindang," kata Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti, Krist Ade Sudiyono di Cikande, Selasa (19/3/2019). (Baca Juga: 10.000 Trembesi Ditanam di Sepanjang 75 Km Tol Semarang-Batang)

Dia mengatakan, program konservasi keanekaragaman buah langka nusantara akan ditanam 18 jenis pohon buah langka terdiri dari buah Matoa, Kepel, Gandaria, Menteng, Jamblang, Kesemek, Cempedak dan Sawo kecik. Penanaman sebanyak 920 pohon langka juga sudah dilakukan di Simpang Susun Cikande Row Bitung-Cikupa.



"Pohon kokoleceran yang yang khas dari Banten juga ditanam. pohon-pohon buah ini sudah tidak mudah didapatkan kalau mudah didapat bukan langka lagi," ujarnya.

Dikatakan Krist, pada tahun 2018 ASTRA Tol Tangerang-Merak telah melakukan penghijauan dengan penanaman 1.060 pohon yang meliputi 150 pohon Mahoni, 150 pohon Jacaranda, 150 pohon Kupu-kupu, 150 pohon Tabebuia Bunga Kuning.

Kemudian, 150 pohon Tabebuia Bunga Merah Muda dan 150 pohon Tabebuia Bunga Putih, serta pemberian dan penanaman 100 pohon buah kepada masyarakat sekitar tol Tangerang-Merak KM 82.

"Penanaman pohon akan kita lakukan waktu ke waktu agar hasil buahnya juga dapat dimanfaatkan untuk masyarakat sekitar," tandasnya.

Pengelola jalan tol Tangerang-Merak juga pada tahun ini menargetkan 3.000 buku akan dibagikan kepada masyarakat dan 3000 jam kegiatan sosial demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Provinsi Banten.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak