alexametrics

Korban Meninggal Gempa Lombok Timur Bertambah

loading...
Korban Meninggal Gempa Lombok Timur Bertambah
Korban jiwa akibat Gempa bumi tektonik mengguncang Lombok Timur, Minggu 17 Maret 2019 kembali bertambah jadi 3 orang. Rumah yang rusak akibat gempa/Ist
A+ A-
LOMBOK TIMUR - Korban jiwa akibat Gempa bumi tektonik mengguncang Lombok Timur, Minggu 17 Maret 2019 kembali bertambah. Sebelumnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata ada dua warga negara asing yang menjadi korban, namun hingga saat ini bertambah satu korban jiwa yang meninggal dunia.

"Jumlahnya 3 orang, 2 warga Malaysia dan 1 warga Bayan, Kabupaten Lombok Utara," ujar
Kapusdatin dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di kantornya, Senin (18/3/2019).

Sutopo juga mengungkapkan korban luka juga bertambah. Korban luka-luka sebanyak 182 orang dimana 119 orang warga Lombok Timur, 37 orang warga Lombok Utara dan 26 orang WNA Malaysia. "2.108 penduduk terdampak, dan kerusakan rumah 525 unit," jelasnya.



Diketahui, Gempa dengan kekuatan 5,4 skala richter berpusat di darat pada 20 km arah Utara Kota Selong, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada kedalaman 19 km.

Gempa terjadi pukul 14.07 WIB dan selang dua menit kemudian terjadi gempa bumi susulan M=5,1 dengan kedalaman 10 km. BMKG mencatat gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di sekitar Gunung Rinjani.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran turun (normal fault). Gempa dirasakan kuat selama 2-5 detik di Lombok Timur. Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah. Beberapa bangunan ada yang roboh dan rusak.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak