alexametrics

Gempa 4,7 SR Guncang Pulau Timor Warga Berhamburan Keluar Rumah

loading...
Gempa 4,7 SR Guncang Pulau Timor Warga Berhamburan Keluar Rumah
Gempa bumi berkekuatan 4,7 Skala Richter (SR) menggucang Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT, Jumat pagi (15/3/2019). Foto ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
KUPANG - Gempa bumi berkekuatan 4,7 Skala Richter (SR) menggucang Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT, Jumat pagi (15/3/2019).
Gempa yang berpusat pada koordinat 9.56 LS dan 124.72 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 kilometer Tenggara Kabupaten Timor Tengah Utara.

Sementara itu, Niko De Lemos, salah satu warga Neonbat, Kelurahan Maubeli mengatakan gempa tersebut membuat dirinya bersama keluarga sempat berhamburan keluar rumah. "Tadi gempa cukup terasa kuat, kami sempat lari keluar rumah," ungkap Niko.

Sesuai data yang dirilis BMKG Kupang, disebutkan, gempa tersebut berada pada kedalaman 29 km di darat namun tidak berpotensi tsunami.



Kepala Stasiun Geofisika Kupang, Robert Owen Wahyu menerangkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Belu di Tenggara Kefamenanu.

"Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Kefamenanu II – III MMI," kata Robert Owen Wahyu, Jumat (15/03/2019).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak