alexametrics

Masuk Perangkap dan Memangsa Tiga Ekor Monyet, Ular Piton 6 Meter Bikin Geger

loading...
Masuk Perangkap dan Memangsa Tiga Ekor Monyet, Ular Piton 6 Meter Bikin Geger
Tujuh warga berusaha membawa ular pithon keluar dari jebakan monyet. Ular piton tersebut memangsa tiga ekor monyet dari 10 ekor yang terperangkap. iNewsTV/Zulkifli Yunus
A+ A-
PELAIHARI - Seekor ular Sanca jenis Python Reticulatus membuat geger warga Desa Pagatan Besar, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Ular sepanjang 6 meter itu masuk dalam perangkap monyet yang sengaja dipasang warga di kebunnya.

Saat ini ular piton tersebut masih menjadi tontonan warga yang melintas di kawasan RT 3 Desa Pagatan Besar. Ular Piton tersebut masih mencerna tiga ekor monyet yang dimakan saat berada dalam perangkap.

Darmawan pemilik kebun mengatakan, ular besar itu diketahuinya masuk perangkap monyet pada Sabtu 9 Maret 2019 pagi saat dia memeriksa perangkap monyet yang dipasang. “Saat tiba di lokasi perangkap, saya dikagetkan dengan adanya ular besar di dalam perangkap dan beberapa ekor monyet yang terperangkap,” kata Haji Darmawan saat ditemui di kediamannya Selasa (12/3/2019).



Melihat ada ular berukuran besar Darmawan takut dan membiarkan ular dan monyet yang terperangkap. Keesokan harinya pada Minggu 10 Maret 2019 Darmawan mendatangi lagi lokasi perangkapnya bersama warga, termasuk seorang warga yang mahir menangkap ular.

“Dengan bantuan tetangga sekitar dan seorang yang mahir menangkap ular, kami mengeluarkan ular dari dalam perangkap,” beber Darmawan.

Saat dikeluaran di dalam perangkap ada tujuh ekor monyet, tiga dalam kondisi mati dan empat masih hidup. Salah satu monyet mengalami luka di kepalanya, sedangkan badan ular piton penuh luka, diduga akibat perlawanan monyet hendak dimangsa.

Darmawan mengatakan, sengaja memasang jebak atau jipah untuk menangkap monyet yang sering merusak kebunnya. Menurut Darmawan kebun pisangnya habis dirobohkan monyet yang berjumlah ratusan ekor.

Sementara itu, Syahdian tetangga Darmawan yang membantu memindahkan ular piton dari jebakan monyet mengaku sudah seering menangkap ular di kawasan Desa Pagatan Besar, tiga di antaranya berukuran besar. “Banyak ular piton di sekitar sini, kalau yang kecil-kecil ukuran dua meter sampai tiga meter sering muncul di dekat permukiman,” katanya.

Sampai hari ini ular piton yang terperangkap di jebakan monyet itu masih menjadi tontonan warga RT 3 Desa Pagatan Besar dan warga yang lalu lalang di kawasan itu. Darmawan belum tahu pasti memiliki untuk apa ular besar tersebut.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak