Situs di Tengah Tol Pandaan-Malang Diduga dari Era Majapahit

Selasa, 12 Maret 2019 - 16:39 WIB
Situs di Tengah Tol Pandaan-Malang Diduga dari Era Majapahit
Situs di Tengah Tol Pandaan-Malang Diduga dari Era Majapahit
A A A
MALANG - Setelah heboh penemuan situs purbakala di Kilometer 37 Proyek Pembangunan Tol Malang - Pandaan Balai Pemelihara Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur memasang garis batas melintas sejak Selasa siang (12/3/2019) dan memulai melakukan esvakasi untuk mengetahui secara jelas bangunan situs.

BPCB juga akan segera mengumpulkan warga untuk mengganti benda-benda berharga yang ditemukan warga sebelumnya. Sayangnya warga mengaku sebagian temuan sudah dijual.

Arkeolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, pihaknya akan mengumpulkan seluruh warga untuk membicarakan kemungkinan ganti untung untuk benda-benda temuan yang mereka simpan.

Dugaan sementara, kata dia, situs temuan ini adalah bagian dari Kawasan Sekarpuro yang cukup penting pada masa lalu terutama Era Majapahit.

Dimana saat itu ada dua nagari bawahan Kerajaan Majapahit yang dipimpin Kusumawarddhani yakni putri mahkota Raja Majapahit Hayam Wuruk. Diperkirakan situs bangunan ini adalah jejak kisaran abad 10 sampai 15.

Sebelumnya diberitakan sempat viral warga berdatangan ke lokasi penemuan situs dan menemukan banyak benda dan situs berharga peninggalan zaman kerajaan .Seperti yang ditemui di rumah salah seorang warga ini berbagai benda berharga seperti koin, pecahan keramik, cermin tiongkok dan perhiasan emas dikumpulkan warga di rumahnya.

M Arifin salah satu warga mengaku sudah menemukannya sejak 4 bulan terakhir saat pembangunan Tol Malang - Pandaan sudah sampai di lokasi desa mereka. Namun menurut dia sebagian benda dan situs yang ditemukan sudah dijual kepada para kolektor.

Kini petugas tinggal melakukan pengerukan di sekitar situs. Sementara hanya susunan batu bata dengan ukuran yang sangat besar panjang 38 centimeter lebar 25 centimeter dan setebal 7 centimeter yang sedang diesvakasi.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4013 seconds (0.1#10.140)