alexametrics

Gubernur Sumut Ajak Warga Tobasa Layani Wisatawan dengan Baik

loading...
Gubernur Sumut Ajak Warga Tobasa Layani Wisatawan dengan Baik
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menggelar silaturahim dengan masyarakat di Toba Samosir (Tobasa) sekaligus syukuran HUT-nya ke 58. Foto/Istimewa
A+ A-
TOBA SAMOSIR - Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi menggelar silaturahim dengan masyarakat di Toba Samosir (Tobasa) sekaligus syukuran hari ulang tahunnya (HUT) ke-58 tahun. Pada acara itu, masyarakat diimbau untuk bisa melayani seluruh wisatawan dengan baik.

"Saya datang dan bertemu dengan wisatawan asal Brunei Darussalam. Mereka bicara bahwa Danau Toba ini milik dunia, jadi milik mereka juga. Mereka minta permudah beribadah, seperti kaum muslimin," ujar Gubernur Edy Rahmayadi pada silaturahim di Pantai Pasir Putih, Porsea.

Pada silaturahim yang juga dihadiri tokoh masyarakat setempat itu, Gubernur berpesan kepada masyarakat agar bisa mengubah mental yang selama ini masih sepeti raja yang dilayani, menjadi bermental melayani. Sebab kunci dalam dunia pariwisata adala pelayanan kepada pengunjung. (Baca Juga: Festival Danau Toba, Wagub Sumut: Jangan Seremonial Saja)



"Jadi kita harus melayani, tidak perduli siapa mereka, yang penting mereka ke sini bawa uang. Lihat di Bali, mayoritas mereka Hindu, tetapi banyak tempat-tempat dibangun rumah ibadah, seperti masjid dan gereja," sebut Edy.

Karena itu menyikapi perbedaan dalam beragama juga harus memperhatikan toleransi dan solidaritas. Sehingga siapapun tidak boleh terganggu ibadahnya saat berada di manapun, dan tugas negara (pemerintah) adalah mengamankannya. Begitu juga dengan perbedaan, katanya, tidak perlu dibesarkan-besarkan.

"Saya lihat anak kecil, mereka bermain bersama. Tak pernah bertanya apa agama mereka. Tetapi kenapa kita orang dewasa suka sekali tanya-tanya itu. Jadi selama ini tak bisa rapi, negara ini tak akan maju," ungkapnya.

Bupati Tobasa Darwin Siagian menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Edy Rahmayadi yang memasuki usia 58 tahun. Kata dia, beberapa perkembangan terkait pembangunan di kawasan Danau Toba. Baik jalur objek wisata sampai fasilitas pendukung lainnya. (Baca Juga: Akses Kereta Api dari Medan ke Danau Toba Segera Dibangun)

"Kita sekarang sedang mengupayakan bagaimana mental 'raja' ini berubah menjadi mental 'parhobas' (melayani). Khusus untuk destinasi, kita terus bangun bertahap. Semoga kita bisa lebih baik. Seiring bertambahnya usia Pak Edy, semoga bisa membawa Sumut lebih maju ke depan," ujarnya.

Pada acara itu, Ketua MUI Tobasa Johari Efendi Samosir menyampaikan seiring perhatian Gubernur terhadap kondisi Danau Toba, dirinya berdoa agar provinsi ini semakin bermartabat. Termasuk juga sudah mulai banyak pembangunan rumah ibadah seperti musalla di beberapa tempat seperti Pantai Pasir Putih di Porsea.

"Tentu ini menjadi tugas kaum muslimin dan muslimat, juga dukungan dari Gubernur," jelasnya.

Acara syukuran juga diisi dengan pemberian tali asih kepada Tahfiz Alquran, anak yatim, serta peresmian Musalla Al Ikhlas di Desa Parpareandua Pantai Pasir Putih Kecamatan Porsea. Termasuk pemberian upah-upah kepada Gubernur Edy Rahmayadi di ulang tahun ke-58 oleh tokoh adat.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak