Gempa M6,2 Guncang Simeulue Aceh, Begini Kondisi Terkininya

Rabu, 29 Mei 2024 - 06:16 WIB
loading...
Gempa M6,2 Guncang Simeulue Aceh, Begini Kondisi Terkininya
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Simeulue Aceh. Foto/SINDOnews
A A A
SIMEULUE - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Simeulue Aceh. Gempa terjadi sekitar pukul 18.52 WIB dengan pusat gempa berada pada 111 kilometer barat daya Sinabang, Ibu Kota Kabupaten Simeulue, pada kedalaman 12 kilometer.

Guncangan gempa bumi tektonik ini dirasakan di sejumlah kabupaten di wilayah Aceh, di antaranya wilayah Kabupaten Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, dan Kota Banda Aceh.



Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.



”Meskipun gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami, masyarakat tetap diimbau untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Simeulue Zulfadli, Rabu (29/5/2024).

Sejauh ini, di Kabupaten Simeulue belum terdapat laporan adanya kerusakan bangunan ataupun korban jiwa akibat dampak gempa bumi yang terjadi. Hingga kini, warga di Sinabang, Ibu Kota Kabupaten Simeulue, beraktivitas seperti biasa pasca-gempa.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4505 seconds (0.1#10.140)
pixels