alexametrics

25 Ribu Kafilah Ikuti Pawai Ta'aruf MTQ Kota Medan

loading...
25 Ribu Kafilah Ikuti Pawai Taaruf MTQ Kota Medan
Sekira 25 ribu orang kafilah mengikuti pawai ta'aruf yang merupakan rangkaian pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 52 Tingkat Kota Medan tahun 2019. (Foto/Istimewa/Dok)
A+ A-
MEDAN - Sekira 25 ribu orang kafilah mengikuti pawai ta'aruf yang merupakan rangkaian pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 52 Tingkat Kota Medan tahun 2019 di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan.

Pawai ta'aruf yang dilepas langsung Wali Kota Medan, T Dzulmi Eldin S dilakukan untuk menyemarakkan pembukaan MTQ sekaligus membangunan silaturahmi antara kafilah dengan warga sekitar serta mengajak masyarakat untuk mendukung suksesnya pelaksanaan festival pemuliaan kitab suci Alquran tersebut.

Antusiasme masyarakat menyaksikan pawai ta'aruf cukup tinggi. Mereka berdiri di sisi kiri dan kanan Jalan Kapten Rahmad Buddin untuk memberikan tepuk tangan meriah kepada seluruh kafilah-kafilah yang melintas, Sabtu (9/3/2019).



Selain mengenakan batik Medan, para kafilah juga memakai pakaian adat yang berasal dari seluruh etnis di kota Medan. Ribuan kafilah ini berasal dari 21 kecamatan di kota Medan, masing-masing barisan depan kafilah dari kecamatan diisi marching band dan dipimpin langsung camat.

Tidak hanya jajaran kecamatan, pawai taaruf juga diikuti Pramuka, polisi cilik, ibu-ibu pengajian, organisasi kepemudaan serta pelajar. Yang menarik lagi dari pawai ta’aruf ini, sejumlah kecamatan sengaja menghadirkan kesenian daerah berikut peralatan musiknya guna memeriahkan pelaksanaan pawai taaruf tersebut.

Pawai ta'aruf sendiri dimulai pukul 09.15 WIB. Namun demikian para peserta sejak pukul 06.30 WIB sudah hadir di lokasi acara. Dengan tertib, mereka menunggu dimulainya pelaksanaan pawai taaruf tersebut.

Pelepasan prosesi pawai ta'aruf diawali dengan marching band dan diikuti Paskibraka. Setelah itu menyusul Polisi cilik serta kontingen dari kecamatan Medan Area selaku juara umum.

Dalam pawai ta’aruf tersebut, Kecamatan Medan Area membawa piala bergilir yang mereka rebut di MTQ 51 Kota Medan tahun 2018 yang berlangsung di lahan eks Taman Ria Jalan Gatot Subroto Medan.

Setelah itu, disusul kafilah Medan Kota dan Medan Perjuangan. Wali Kota didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Rita Maharani, Wakil Wali Kota Akhyar Nasution dan Sekda Kota Medan Wirya Alrahman yang juga didampingi istri beserta beserta unsur Forkopimda Kota Medan diantaranya Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis, Dandim 0201/BS Kol Inf Yud Rismansyah serta Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli, Ketua Fraksi Partai Gerinda DPRD Medan Surianto melambaikan tangan saat setiap kafilah melintasi panggung utama.

Iringan pawai ta'aruf ditutup dengan kafilah dari kecamatan Medan Marelan sebagai tuan rumah. Camat Medan Marelan kemudian menyerahkan ratusan balon kepada Wali Kota. Setelah itu Wali Kota bersama Ketua TP PKK melepaskan balon bersama-sama tanda selesainya pawai ta’aruf tersebut.

Wali Kota berharap pelaksanaan MTQ kali ini berjalan sukses dan lancar dan menghasilkan qori dan qoriah terbaik sehingga dapat mengharumkan nama kota Medan di tingkat provinsi, nasional dan internasional. Dikatakan Wali Kota, pawai taaruf ini merupakan kegiatan rutin yang digelar untuk mendukung sekaligus memeriahkan pembukaan MTQ setiap kali digelar.

Peserta pawai ta’aruf, bilang Wali Kota, melibatkan unsur masyarakat, kepala lingkungan, lurah, ibu-ibu pengajian, pelajar serta organisasi kepemudaan.

"Selain memeriahkan MTQ, melalui pawai ta’aruf ini kita mengharapkan dukungan penuh masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan MTQ yang akan berlangsung selama sepekan ini mulai 9-16 Maret mendatang," kata Wali Kota.

Selain itu, tambah Wali Kota, melalui pawai ta'aruf ini ingin membangun kebersamaan dengan masyarakat untuk mewujudkan kota Medan yang religius.

"Disamping itu melalui pawai taaruf ini, kita juga berharap dapat memotivasi para kafilah untuk tampil lebih baik lagi di semua cabang perlombaan yang ditampilkan dalam MTQ ke 52," ungkapnya.

"Insya Allah MTQ kali ini akan lahir qori dan qoriah terbaik dari Kota Medan yang nantinya dapat mengharumkan nama kota yang kita cintai bersama ini ditingkat provinsi, nasional maupun internsional," harapnya.

Pelaksanaan pawai ta'aruf berakhir sekitar pukul 12.00 WIB. Wali Kota bersama Ketua TP PKK beserta Wakil Wali Kota, Sekda dan unsur Forkopimda selanjutnya berjalan menuju lokasi MTQ. Di bawah sengatan sinar matahari siang itu yang sangat terik, Wali Kota dan Ketua TP PKK Kota Medan meresmikan dibukanya stand dan pameran yang digelar untuk memeriahkan MTQ.

Tercatat, sekira 65 stand yang berasal dari kecamatan, organisasi perangkat daerah (OPD) serta pelaku UMKM. Peresmian ditandai dengan pengguntungan pita yang dilakukan Wali kota bersama Ketua TP PKK.

Usai melakukan peninjauan seluruh stand, Wali kota pun tidak lupa menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya kelancaran arus lalu lintas menyusul ditutupnya Jalan Kapten Rahmad Budinn mulai pukul 07.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Penutupan itu sempat menyebabkan terjadinya kemacetan sehingga sangat mengurangi kenyamanan dan ketenangan masyarakat pengguna jalan dalam berkenderaan.

"Atas nama pribadi dan seluruh jajaran Pemkot Medan, saya menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini," pungkasnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak