alexametrics

Dinas Kelautan Perikanan Pangandaran Bangun Kawasan Budidaya Kakap Putih

loading...
Dinas Kelautan Perikanan Pangandaran Bangun Kawasan Budidaya Kakap Putih
Dinas Kelautan Perikanan Ketahanan Pangan (DKPKP) Kabupaten Pangandaran membangun kawasan budidaya ikan kakap putih di Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto/Istimewa
A+ A-
PANGANDARAN - Dinas Kelautan Perikanan Ketahanan Pangan (DKPKP) Kabupaten Pangandaran membangun kawasan budidaya ikan kakap putih di Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Kepala DKPKP Kabupaten Pangandaran Rida Nirwana mengatakan, pembangunan kawasan budidaya kakap putih untuk meningkatkan hasil produksi guna meningkatkan perekonomian masyarakat. "Program budidaya ikan kakap putih bekerja sama dengan Balai Layanan Usaha Pengembangan Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang," kata Rida, Jumat (8/3/2019).

Rida menambahkan, masyarakat yang menjadi pelaku budidaya ikan kakap putih bakal melakukan pembesaran dari ukuran 5 hingga 7 centimeter. "Proses budidaya dilakukan selama enam bulan di air payau dengan target satu ekor delapan ons," tambahnya.



Rida menjelaskan, pihak DKPKP telah mendistribusikan sebanyak 8.000 ekor benih di lokasi pertemuan air tawar dengan air laut. "Ikan kakap putih masuk pada kategori ikan ekspor dengan harga jual Rp60.000 hingga Rp80.000 per kilogram," jelasnya.

Untuk kebutuhan pakan ikan kakap putih juga tergolong mudah karena bisa memanfaatkan ikan rucah hasil tangkapan nelayan yang tidak layak jual. "Budidaya ikan kakap putih juga sebagai alternafltif paceklik saat hasil tangkapan ikan nelayan menurun," terang Rida.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak