Aktivitas Meningkat, Status Gunung Kelimutu di Ende Naik Level Waspada

Sabtu, 25 Mei 2024 - 08:00 WIB
loading...
Aktivitas Meningkat, Status Gunung Kelimutu di Ende Naik Level Waspada
Status Gunung Kelimutu yang berada di Kabupaten Ende, NTT dari sebelumnya normal kini menjadi Waspada atau Level II. Foto/Istimewa
A A A
ENDE - Status Gunung Kelimutu yang berada di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dari sebelumnya normal kini menjadi Waspada atau Level II, setelah salah satu air di danau tersebut berubah warna.

Kenaikan tingkat aktivitas gunung Kelimutu ini terhitung mulai Jumat (24/5)pukul 13.00 WITA, oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Untuk itu, masyarakat sekitar Gunung Kelimutu agar tidak berada di sekitar area kawah dalam radius 250 meter.

Hingga Sabtu (25/5/2024) pagi, hasil pemantauan visual dan instrumental menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas Gunung Kelimutu.Pemantauan secara intensif untuk mengevaluasi aktivitas Gunung Kelimutu tetap dilakukan PVMBG.



Masyarakat di sekitar Gunung Kelimutu agar tetap tenang tidak terpancing oleh berita-berita yang tidak bertanggungjawab mengenai aktivitas Gunung Kelimutu. Pemkab Ende agar senantiasa berkoordinasi dengan PVMB di Bandung.

Atau berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Kelimutu di Kampung Kolorongo, Desa Koa Nora, Kabupaten Ende untuk mendapatkan informasi tentang aktivitas Gunung Kelimutu terkini secara real time.



Masyarakat maupun pemerintah dapat memantau perkembangan aktivitas dan rekomendasi G. Kelimutu melalui website Magma Indonesia.

Tingkat aktivitas Gunung Kelimutu akan dievaluasi kembali secara berkala maupun jika terjadi perubahan yang signifikan. Tingkat Aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikutnya belum dikeluarkan.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)
pixels