Gempa Berkekuatan 4 SR Guncang Pandeglang, Belum Ada Laporan Kerusakan

Kamis, 28 Februari 2019 - 10:12 WIB
Gempa Berkekuatan 4 SR Guncang Pandeglang, Belum Ada Laporan Kerusakan
Gempa Berkekuatan 4 SR Guncang Pandeglang, Belum Ada Laporan Kerusakan
A A A
PANDEGLANG - Gempa bumi berkekuatan 4,0 skala richter mengguncang Kabupaten Pandeglang pada pukul 07.54 WIB. Lokasi gempa bumi terletak pada koordinat 7.35 LS dan 105.33 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 95 Km Barat Daya Pandeglang, Provinsi Banten, pada kedalaman 11 km.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa tersebut, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Gempa diakibatkan aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa bumi.

"Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Labuan. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," kata Joko dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Kamis (28/2/2019).

Hingga pukul 08:20 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan terjadi 1 kali gempa bumi susulan dengan kekuatan di bawah 4 skala richter. "Kepada masyarakat diminta tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8003 seconds (0.1#10.140)