alexametrics

4.462 Warga Baduy Miliki E-KTP dengan Kolom Kepercayaan TME

loading...
4.462 Warga Baduy Miliki E-KTP dengan Kolom Kepercayaan TME
Tercatat 4.462 warga Baduy di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten sudah memiliki E-KTP dengan kolom Kepercayaan TME (Tuhan yang Maha Esa). Foto Ilustrasi/Dok SINDOnews
A+ A-
SERANG - Sebanyak 4.462 warga Baduy di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dengan format kolom diisi Kepercayaan TME (Tuhan yang Maha Esa).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Siti Ma'ani Nina mencatat ada 5.323 penduduk Banten yang terdaftar sebagai penghayat kepercayaan, dantaranya, 4.464 warga adat baduy. (Baca Juga: Soal Kolom Kepercayaan di KTP, Jokowi: Putusan MK Bersifat Final)

"Sampe saat ini yang sudah dicetak E-KTP untuk warga Baduy sebanyak 4.462 keping diisi penghayat kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa," kata Nina kepada SINDOnews, Selasa (26/2/2019).



Pascaputusan MK, warga Baduy menjadi prioritas perubahan format kolom agama yang selama ini kosong, dan kini menjadi Kepercayaan TME. Meskipun, warga Baduy menginginkan kolom agama ditulis kepercayaan Sunda Wiwitan.

Permintaan adanya kolom agama diisi dengan Sunda Wiwitan sebelumnya selalu disampaikan di setiap tahun pada acara Sebab Baduy di hadapan kepala daerah di Lebak maupun di Provinsi Banten.

"Jadi Baduy masyarakatnya mudah, meskipun taat pada aturan adat, untuk kepentingan mereka mudah," ujarnya.

Dia mengungkapkan, selain warga Baduy di Kabupaten Lebak, warga di tujuh Kab/Kota se-Banten juga ada yang mengisi kolom agama dengan kepercayaan Tuhan yang Maha Esa. (Baca Juga: 62 Daerah Minta Bantuan Pusat untuk Pencetakan E-KTP)

"Di Kabupaten Tangerang 160 orang, Kabupaten Serang 13 orang, Kota Serang 1 orang, Tangerang Selatan 18 orang, Kota Tangerang 122 orang, dan Cilegon 4 orang," tandasnya.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak