Petugas Kebersihan di Kota Kendari Mogok, Ini Penyebabnya

Senin, 25 Februari 2019 - 20:59 WIB
Petugas Kebersihan di Kota Kendari Mogok, Ini Penyebabnya
Petugas Kebersihan di Kota Kendari Mogok, Ini Penyebabnya
A A A
KENDARI - Puluhan truk yang biasanya digunakan mengangkut sampah , hari ini terparkir di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (25/2/2019) pagi.

Para sopir dan pekerja pengangkut sampah di Kota Kendari melakukan mogok kerja. Mereka mogok lantaran gaji mereka selama dua bulan belum dibayar oleh pemerintah kota peraih piala adipura, berkali-kali. (Baca Juga: Anies Apresiasi Petugas Kebersihan: Di Saat Kita Tidur, Mereka Bekerja)

Sebenarnya, para petugas kebersihan ini sudah mengeluhkan hal ini, namun tidak direspons oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari.

Mogok kerja ini, sudah dilakukan para pekerja pengangkut sampah, kurang lebih selama satu minggu. Kini mereka bingung, kemana lagi mencari uang untuk menghidupi keluarga.

"Kurang lebih satu minggu kami mogok kerja, orang juga tidak akan masuk kerja kalau belum ada gaji itu, kita mau makan apa" jelas seorang pekerja pengangkut sampah, Amin. (Baca Juga: Bupati Dodi Reza Beri Bonus Petugas Kebersihan)
Petugas Kebersihan di Kota Kendari Mogok, Ini Penyebabnya

Mogok kerja ini, sangat berdampak kepada warga, puluhan ton sampah menumpuk di mana-mana, salah satunya depan Sekolah Dasar Islam Kota Kendari.

Sampah menumpuk ini, sangat mengganggu aktifitas belajar mengajar di sekolah, aroma bau busuk menusuk hidung para pelajar yang tengah menjalani ujian sekolah.

"Tumpukan sampah ini kurang lebih satu minggu, dan sangat mengganggu. Saya sudah sampaikan sama Pak RT sini, katanya mau sampaikan ke Kantor Kelurahan. Saya juga minta tumpukan sampah jangan di situ (depan sekolah)" kata Kepala SD Islam Kendari, Nani.

Saat dikonfirmasi Senin (25/02/2019) pagi, pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari, belum memberikan kemonter apapun terkait masalah ini. Alasannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, tidak berada di kantor.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6215 seconds (0.1#10.140)