alexametrics

Jalan Rusak Palembang-Betung Mulai Diperbaiki

loading...
Jalan Rusak Palembang-Betung Mulai Diperbaiki
Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) wilayah V Sumatera melakukan perbaikan sapu lubang di ruas Jalan Lintas Timur (Jalintim) Palembang-Jambi. Foto/M Dede Febryansyah
A+ A-
PALEMBANG - Ruas Jalan Lintas Timur (Jalintim) Palembang-Jambi yang rusak mulai diperbaiki sejak awal pekan ini. Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) wilayah V Sumatera melakukan perbaikan sapu lubang atau menutup lubang jalan dengan tujuan untuk mengurangi kerusakan yang kerap menyebabkan kemacetan dan kecelakaan.

Kepala BBPJN V, Kiagus Saiful Anwar mengatakan, perbaikan jalan diprioritaskan pada titik strategis seperti lokasi dengan tingkat kerusakan parah atau di titik rawan kemacetan. Dari hasil pemetaan, sejumlah daerah yang masuk dalam titik rawan di antaranya di kawasan Betung, Sungai Lilin dan Bayung lincir. (Baca Juga: Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Simalungun Tanam Pisang)

Saiful mengatakan, kemacetan menjadi salah satu tantangan dalam perbaikan jalan ruas Palembang-Jambi tersebut. Untuk mengatasi kemacetan, pihaknya hanya melakukan perbaikan jalan pada saat malam hingga dini hari. Bila tidak ada kendala, perbaikan jalan sapu lubang ditargetkan rampung dalam waktu 2 minggu.



"Kami mulai kerja dari jam 10 malam sampai jam 4 subuh karena setelah itu jalan akan macet lagi dan bila macet pekerjaan akan kami alihkan ke STA 62. Target kami dalam 2 minggu ini lubang-lubang ini habis," ucap Saiful saat meninjau perbaikan jalan di Km 16 Palembang-Banyuasin, Minggu (25/2/2019) malam.

Menurutnya, sebanyak 90 lubang jalan akan ditambal jelang dimulainya paket peningkatan kualitas jalan Palembang-Jambi yang saat ini tengah menunggu persetujuan penetapan pemenang lelang. (Baca Juga: Gubernur Pastikan Jalan Lahat-Pagaralam Segera Tersambung)

Saiful menegaskan, perbaikan sapu lubang itu dilakukan untuk mencegah kerusakan semakin parah yang berpotensi menambah kemacetan dan tingkat kecelakaan.

"Ruas Palembang-Betung ini padat lalu lintas jadi tidak mungkin kami diamkan saja. Sambil menunggu itu, kami lakukan pekerjaan dengan swakelola. Sambil menunggu itu, ada alokasi belanja barang di DIPA kami, maka kami beli material dan sewa alat untuk menangani ini," ungkapnya.

Setelah menyelesaikan sapu lubang, BBPJN V juga segera melakukan peningkatan kualitas jalan di beberapa titik di sepanjang ruas jalan Palembang-Jambi. Selain itu perbaikan juga meliputi perbaikan konstruksi, rehab mayor, rehab minor dan perawatan rutin kondisi.

"Untuk ruas jalan Palembang-Betung sepanjang 56 km ini, kami siapkan alokasi dana Rp135 miliar. Sementara mulai dari perbatasan Lampung hingga perbatasan Jambi total dananya Rp1,04 trilyun. Mungkin dua minggu lagi ada penetapan pemenang, kemudian paling lambat ada masa sanggah tiga minggu dan lima hari kemudian tanda tangan kontrak," tutupnya.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak