alexametrics

Purnama Super Snow Moon, Awas Rob Ancam Pesisir Pantai

loading...
Purnama Super Snow Moon, Awas Rob Ancam Pesisir Pantai
Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
SEMARANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi akan terjadi fenomena Super Snow Moon, Selasa 19 Februari 2019. Fenomena ini akan berdampak pada pola pasang maksimum air laut di sejumlah daerah pesisir.

"Adanya fenomena Super Snow Moon di mana posisi bulan dan bumi berada pada perige atau jarak terdekat yang mempengaruhi pola pasang maksimum air laut di Indonesia," tulis petugas BMKG, dilansir dari akun Twitter @bmkg_semarang, Senin 18 Februari 2019.

Sejumlah daerah yang patut mewaspadai gelombang pasang air laut di antaranya, pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Barat, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, dan pesisir Kalimantan Barat. Hal ini berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.



"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena tersebut serta memberhentikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," pungkasnya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak