alexametrics

Pembinaan Desa Mandiri di Kobar Kian Meningkat

loading...
Pembinaan Desa Mandiri di Kobar Kian Meningkat
Pembinaan desa mandiri di Kabupaten Kobar mengalami kemajuan. Foto/Sigit Dzakwan
A+ A-
KOTAWARINGIN BARAT - Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) terus melakukan pembinaan Desa Mandiri Pangan (Demapan). Salah satunya dengan melakukan pendampingan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Lembaga Keuangan Desa (LKD) Mandiri Pangan di Desa Natai Raya pada 8 Januari 2019 dan di Desa Sebuai Barat pada 12 Februari 2019 lalu.

Evaluasi laporan keuangan Lembaga Keuangan Demapan menunjukkan peningkatan pesat. Misalnya Desa Sesuai yang kelompoknya telah dibentuk sejak 2007 dan mendapatkan dana bantuan Rp100 juta dari APBN dan Rp30 juta dari provinsi telah berkembang menjadi Rp250 juta pada 2013.

Setelah Desa Sebuai dipisah menjadi dua, LKD Empat Serangkai Desa Sebuai Barat mengantongi modal Rp106 juta dan saat ini dana Lembaga Keuangan Demapan tersebut telah mencapai Rp175 juta. (Baca Juga: Pemkab Kobar Gelar Workshop Pencegahan Korupsi di Makassar)



Hal sama juga berlaku di Lembaga Keuangan Demapan Desa Natai Raya. Dari bantuan modal Rp25 juta dari APBN pada 2011 lalu, saat ini telah berkembang hingga Rp147 juta.

Pengurus LKD Melati Desa Natai Raya dalam laporannya juga menyatakan bukan hanya modal yang meningkat di lembaga keuangan mereka, namun jumlah anggota juga tumbuh hampir tiga kali lipat sejak pertama kali dibentuk, yaitu dari 25 orang menjadi 65 orang pada 2019.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Kepala Desa Natai Raya tersebut, pengurus menyampaikan harapan agar kepala desa memfasilitasi tempat operasionalnya sehingga memudahkan akses masyarakat terhadap LKD Melati Desa Natai Raya.

Acara yang dilaksanakan dua LKD program aksi Demapan ini berlangsung meriah. Pasalnya selain evaluasi laporan keuangan, para anggota juga mendapatkan doorprize. Setiap anggota yang mempunyai tabungan dengan kelipatan Rp50 ribu akan mendapatkan satu kupon undian.

Adapun hadiah doorprize itu, selain bersumber dari dana yang disisihkan dari keuntungan LKD juga berasal dari sumbangan DKP, penyuluh pendamping Demapan, penyuluh pertanian lapangan hingga kepala desa. Meski nilainya tak seberapa namun diharapkan semakin merekatkan silaturahmi dan kerjasama antara pengurus dan anggota lembaga keuangan program aksi Demapan tersebut.

“Kami bangga dengan pencapaian bapak Ibu sekalian karena sampai saat ini mampu mengembangkan modal yang dikucurkan oleh pemerintah. Kami berharap agar masyarakat Sebuai Barat terus semangat menjalankan dan mengembangkan program yang telah diinisiasi DKP Kobar. sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat desa,” ungkap Kepala Seksi Kerawanan Pangan, DKP Kobar, Mila Susilawati di ruang kerjanya, Senin (28/2/2019).

Terpisah, Edy Heriansyah selaku Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan menyatakan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, DKP akan terus melakukan pembinaan dalam program aksi Demapan di Kobar. “Salah satu bentuknya yaitu dengan mengadakan pelatihan-pelatihan bagi kelompok afinitas Desa Mandiri Pangan dan Replikasinya,” katanya.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak