alexametrics

Lapangan Tarmili Pangkalan Bun Bakal Dipercantik dengan Lukisan Mural

loading...
Lapangan Tarmili Pangkalan Bun Bakal Dipercantik dengan Lukisan Mural
Benny Fatah saat mengecat tembok lapangan Tarmili yang akan dibuat lukisan mural. iNewsTV/Sigit Dzakwan
A+ A-
KOTAWARINGIN BARAT - Lurah Raja, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, Rangga Lesmana, terus berinovasi dalam mempercantik lingkungannya.

Kali ini Lurah Rangga akan menyulap Lapangan Tarmili Pangkalan Bun supaya terlihat indah. Tembok yang membentang akan dibuat lukisan mural. Lapak PKL juga akan dibangun supaya terlihat rapi. Sebab Lapangan Tarmili memiliki nilai sejarah, yakni sisa peninggalan zaman Kerajaan Kesultanan Kutawaringin.

Rangga mengatakan, selama ini fungsi lapangan Tarmili sudah mulai hilang. Sebaliknya, yang ada justru bangunan-bangunan kumuh. Selain itu lapangannya tidak terawat dan jarang digunakan untuk aktivitas olahraga.



"Fungsinya sudah mulai hilang yang ada justru bangunan kumuh. Lapangannya juga sudah tidak bisa digunakan. Makanya kami dengan warga sekitar dibantu para pengusaha di Kelurahan Raja untuk mempersolek Lapangan Tarmili,” ujar Rangga di sekitar Lapangan Tarmili, Sabtu (16/2/2019).

Dia melanjutkan, perbaikan akan dilakukan pada warung-warung yang ada di lokasi tersebut dan akan dibongkar digantikan dengan warung kontainer yang lebih bagus. "Warung kontainer nantinya gratis, tidak sewa. Kami prioritaskan pada pedagang lama. Dananya dari pengusaha di Kelurahan Raja, kita tidak menerima dalam bentuk uang, tetapi kita menerima dalam bentuk barang, jadi donatur tinggal membeli bahan dan membayar tukang untuk membangun warung itu,” katanya.

Selain itu, untuk tembok nantinya akan dipercantik dengan lukisan mural dengan menjaring para seniman lokal, seperti Benny Fatah. "Hari ini kita sudah mulai mengecat dasar dulu temboknya dengan warna putih. Terkait lukisan mural juga sebagiab tembkm akan kita lombakan bagi anak-anak tingkat umum dan tingkat sekolah," pungkasnya

Sementara itu, seniman mural Benny Fatah mengaku, akan melukis tembok Lapangan Tarmili dengan gambar-gambar ikon Pangkalan Bun, Kobar. “Tapi ini masih kita rundingkan dulu dengan pak Lurah dan warga lainnya,” sebutnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak