alexametrics

Kepri Terus Lakukan Inovasi Teknologi Informasi

loading...
Kepri Terus Lakukan Inovasi Teknologi Informasi
Peluncurkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kinerja (SiManja), pemanfaatan video conference dalam pameran Teknologi Informasi di Aula Wan Sri Beni, Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (12/2/2019).
A+ A-
TANJUNG PINANG - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau terus berupaya melakukan terobosan dan inovasi dalam pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi. Terobosan itu untuk meningkatkan pelayanan dan efisiensi dalam hal pelaksanaan kegiatan dan pekerjaan.

“Pemanfaatan teknlogi informasi merupakan jawaban yang tepat pemerintah dari tuntutan masyarakat yang menginginkan pelayanan yang maksimal dan transparan. Terobosan dan inovasi saat ini, merupakan hal mutlak bagi setiap individu, organisasi, kelompok, swasta bahkan pemerintahan agar tetap bertahan dan berdaya saing,” ujar Nurdin saat meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kinerja (SiManja), pemanfaatan video conference dalam pameran Teknologi Informasi di Aula Wan Sri Beni, Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (12/2/2019).

Nurdin mengatakan inovasi saat ini sudah menjadi kebutuhan semua, terkhusus pemerintah. Inovasi lahir dari kebiasaaan atau budaya kerja pemerintah yang masih menggunakan cara lama sehingga perbaikan pelayanan publik masih jalan di tempat.



“Inovasi dibutuhkan setiap saat karena setiap saat terjadi perubahan. Inovasi menjadi tidak berarti apa-apa, dan tidak membuat perbedaan apabila tidak dimanfaatkan publik secara luas. Diharapkan dengan banyaknya inovasi yang telah diciptakan dapat membantu para ASN dalam melaksanakan setiap pekerjaannya,” ujar Nurdin.

Seiring dengan perkembangan zaman dan keinginan masyarakat agar setiap ASN melaksanakan sistem kepemerintahan yang berbasiskan kinerja untuk menciptakan birokrasi yang kompeten, bersih dan melayani.

“Kita berharap dengan hadirnya aplikasi SiManja ini menjadi alat dan sarana yang sangat penting dalam pelaksanaan evaluasi kinerja bagi pegawai. Hal ini sangat diperlukan karena situasi pemerintahan saat ini semakin menuntut setiap instansi dan lembaga untuk lebih bertanggungjawab dalam pengelolaan anggaran dan menjalankan seluruh program kerja secara leboih efektif dan efisien,” harap Nurdin.

Kepada peserta pameran teknologi informasi, Nurdin mengucapkan terimakasih karena telah mengikuti pameran dan berharap aplikasi yang ditampilkan bisa diaplikasikan dan digunakan untuk kemanfaatn semua. Dia juga berharap pameran teknologi informasi bisa dilaksanakan pada tahun-tahun selanjutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kepri Zulhendri dalam laporannya mengatakan, pameran teknologi informasi dilaksanakan 11-13 Februari 2019 di Aula Kantor Gubernur Kepri Dompak. Pameran ini diikuti oleh 35 peserta dengan 42 stan yang terdiri dari OPD Provinsi Kepri, OPD Kabupaten Kota, lembaga Pendidikan Tinggi serta Penyedia Jasa Telekomunikasi.

Pada kesempatan ini Dinas Kominfo juga secara resmi meluncurkan aplikasi Sistem informasi manajemen kinerja (SIMANJA) dan Aplikasi Video Conference Pemerinatah Provinsi Kepulauan Riau. Aplikasi SIMANJA terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain di lingkungan Pemprov Kepri. Mulai dari Sistem Informasi Layanan Aparatur Terpadu (SILAT) dan E-Disiplin dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Kepri, hingga sistem keuangan di BKKD Provinsi Kepri.

Sedangkan untuk Aplikasi Video Conference Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda serta para OPD di lingkungan Pemprov Kepri untuk berhubungan dengan masyarakat.

“Jadi kalau masyarakat di daerah menemukan kendala, tak perlu jauh-jauh ke Pemprov. Bisa melalui Kepri Tele Conference ini,” ujar Zulhendri.
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak