alexametrics

Pemkab Musi Banyuasin Kejar Mutu dan Juara Seleksi Tilawatil Qur'an

loading...
Pemkab Musi Banyuasin Kejar Mutu dan Juara Seleksi Tilawatil Quran
Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Kabupaten Musi Banyuasin tahun 2019 akan segera digelar. Ajang pencarian bibit berpotensi dalam seni membaca dan menghafal Al- Quran itu rencananya dimulai tanggal 28 Februari hingga 5 Maret 2019.
A+ A-
SEKAYU - Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Kabupaten Musi Banyuasin tahun 2019 akan segera digelar. Ajang pencarian bibit berpotensi dalam seni membaca dan menghafal Al- Quran itu rencananya dimulai tanggal 28 Februari hingga 5 Maret 2019.

Kabag Kesra Setda Muba Opi Palopi menyebutkan, dalam Seleksi Tilawatil Quran (STQ) 2019, Pemkab Muba mempunyai motivasi dan tujuan untuk mencari peserta berbakat dalam membaca dan menghafal Al-Quran berasal dari putra-putri asli daerah.

"Sejak bulan Desember lalu kami sudah mensosialisasikan ke 51 ponpes seluruh Muba, kami tidak ingin peserta yang mewakili Muba berasal dari luar Muba (sewaan)," ungkapnya pada rapat pemantapan panitia STQ XXV Musi Banyuasin, di Ruang Rapat Randik, Senin (11/02/2019).



Opi menerangkan, pelaksanaan STQ akan diselenggarakan di Masjid Jami Annur dan Masjid AL-Karim Noer dengan jumlah peserta 300 orang perwakilan seluruh Kecamatan yang telah memenuhi persyaratan.

"Tahun ini kita ada dua cabang lomba tambahan yakni hafalan 100 hadist berserta sanad dan hapalan 500 hadist tanpa sanad. untuk ketersediaan tempat, penginapan dan sarana prasarana sudah kami siapkan tinggal lagi menunggu daftar pesert yang dikumpulkan dari seluruh Kecamatan," terangnya.

Sementara itu Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Muba, Rusli, yang pemimpin rapat mengatakan peserta STQ Muba 2019 harus diisi oleh para Qori dan Qori'ah lokal bukan orang dari luar (sewaan).

"Kita tidak ingin mengejar juara semata tetapi kita ingin melakukan pembinaan potensi lokal berkelanjutan. Tiap kecamatan kita punya rumah tahfidz Qur'an, tentu kita bisa melatih dan mencetak qori-qori'ah yang bermutu", katanya.

Rusli juga menghimbau agar masing-masing OPD yang terlibat dalam kepanitian untuk dapat berkoordinasi dan bertanggung jawab sesuai dengan surat tugasnya. "Panitia harus pastikan betul kesiapan sound system untuk kelancaran perlombaan, keamanan tempat lomba dan tim kesehatan harus stand by", pintanya

Sedikitnya terdapat 10 cabang yang akan dilombakan dalam Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Kabupaten Musi Banyuasin, yaitu Cabang Tilawah anak (putra/putri), Cabang Tilawah Dewasa (putra/putri), dan Cabang Tahfidz 1 Juz dan Tilawah (putra/putri), Cabang Tahfidz 5 Juz dan Tilawah (putra/putri), Cabang Tahfidz 10 Juz dan tilawah (putra/putri), Cabang Tahfidz 20 Juz dan tilawah (putra/putri), Cabang Tahfidz 30 Juz (putra/putri), Cabang Tafsirj Bahasa Arab (putra/putri), Hapalan 100 hadist beserta sanad, dan cabang Hapalan 500 hadist tanpa sanad.
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak