DPR Soroti Video Viral Siswa SMP Tantang Guru

Minggu, 10 Februari 2019 - 15:27 WIB
DPR Soroti Video Viral Siswa SMP Tantang Guru
DPR Soroti Video Viral Siswa SMP Tantang Guru
A A A
GRESIK - Perbuatan kurang terpuji seorang siswa SMP PGRI Wringianom kepada gurunya, disesalkan anggota DPR Nizar Zahro. Sebab, seorang siswa SMP itu justru melawan setelah ditegur gurunya karena merokok di kelas.

Bahkan, seorang siswa itu menantang dan memegang leher gurunya. "Perbuatan kurang terpuji yang dilakukan seorang siswa SMP PGRI Wringianom kepada gurunya sungguh patut disesalkan," ujar Nizar Zahro kepada SINDOnews, Minggu (10/2/2019).

Sebab, kata dia, pendidikan sebagai institusi yang mendidik mental serta budi pekerti malah menunjukkan sikap yang tidak terpuji dan tidak mencerminkan budaya ke-Indonesiaan yang sopan dan santun terhadap gurunya. "Siswa SMP yang ditegur karena merokok oleh gurunya malah menantang dengan memegang krah baju dan leher sang guru, sangatlah tidak patut," kata Politikus Partai Gerindra ini.

Dia melanjutkan, siswa tersebut harus ditindak tegas dan diberikan sanksi yang layak sehingga tidak mengulangi lagi. "Selain juga sebagai warning kepada murid yang lain agar juga tidak melakukan tindakan yang sama," ujarnya.

Di samping itu, dia berpendapat, masalah adanya siswa yang berperilaku kasar dan kurang santun itu tidak bisa diselesaikan hanya oleh sekolah. Nizar mengatakan, keluarga dan lingkungan juga punya tanggung jawab yang sama besarnya.

"Namun yang paling penting adalah kepala sekolah harus juga dievaluasi. Apakah sudah melakukan edukasi terhadap anak didiknya atau malah membiarkan," bebernya.

Dia menambahkan, dengan memberikan evaluasi terhadap kepala sekolah tentu juga sebagai pelajaran bagi kepala sekolah yang lain, agar benar-benar mendidik siswanya. "Terlebih lagi kekerasan yang dilakukan murid juga menunjukkan kegagalan pemerintah dalam program revolusi mentalnya," pungkasnya. (Baca juga; Ditegur Merokok di Kelas, Siswa SMP Malah Tantang Guru )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4873 seconds (0.1#10.140)