Musi Banyuasin Akan Punya Program Keluargaku Masa Depanku

Jum'at, 08 Februari 2019 - 17:50 WIB
Musi Banyuasin Akan Punya Program Keluargaku Masa Depanku
Musi Banyuasin Akan Punya Program Keluargaku Masa Depanku
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) gencar membuat inovasi prorakyat. Salah satu program yang diinisiasi oleh Pemkab Muba adalah program Keluargaku Masa Depanku, yang bertujuan menekan angka kemiskinan menjadi 1 digit.

"Fokus sasarannya adalah warga keluarga prasejahtera di Musi Banyuasin," ujar Wakil Bupati Beni Hernedi.

Beni memaparkan kesiapan Muba meluncurkan program Keluargaku Masa Depanku saat audensi kepada pejabat struktural BKKBN Pusat di Gedung Halim 1 Kantor BKKBN, Jakarta Timur, Jumat (8/2/2019).

Menurut Beni, rencana kerja untuk merealisasikan Keluargaku Masa Depanku 2019 dengan sasaran tiap desa dengan kegiatan mengidentifikasi dan menginventarisir kebutuhan warga terkait pembangunan keluarga.

Kelompok masyarakat yang disasar warga prasejahtera dengan membentuk tim/kader pembangunan keluarga di setiap desa. Penguatan sosialisasi dan pelayanan, penguatan program Kampung KB menjadi desa KB dan Kecamatan KB juga digarap.

Misalnya dengan membentuk Kampung KB guna pengendalian jumlah penduduk yang disinergikan dengan kegiatan OPD lainnya, seperti Dinas Sosial, Dinas PMD. Pada PMD ada program pemberdayaan masyarakat bersumber dari Dana Desa.

"Sedangkan dengan Dinas Kesehatan fokus pada program layanan kesehatan masyarakat. Intinya semua OPD terkait disinergikan sehingga angka kemiskinan di Muba dapat ditekan sampai 1 digit," ungkap Beni Hernedi.

Beni yakin jika dukungan pemerintah pusat bersinergi dengan semua stakholder terkait, Muba akan berhasil menurunkan angka kemiskinan. Secara luas, jika sinergi ini dilaksanakan di seluruh Indonesia maka angka kemiskinan di negeri ini susut signifikan.

Kepala Badan Pemberdayaan Pembangunan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Musi Banyuasin Syafarudin menyebutkan, pihaknya sangat berharap dengan program Keluargaku Masa Depanku di Muba bisa mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat khususnya BKKBN Pusat.

Sekretaris Utama BKKBN Pusat, Nofrijal, mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik apa yang menjadi keinginan Pemkab Muba. "Bila perlu kami akan turunkan tim untuk mengecek langsung di lapangan guna mensukseskan program yang dicananangkan tersebut yaitu Keluargaku Masa Depanku," katanya.

Wakil Bupati Hernedi dalam audensi dan konsultasi di BKKBN pusat didampingi Kepala BPPKB Muba Syafarudin, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Kabag Humas Herryandi Sinulingga AP, dan Plt Kabag Protokol Pemkab Muba .
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4646 seconds (0.1#10.140)