alexametrics

Karyawan Lokal Mogok, PT GAG Nikel Raja Ampat Lumpuh

loading...
Karyawan Lokal Mogok, PT GAG Nikel Raja Ampat Lumpuh
Karyawan lokal PT GAG Nikel dan warga setempat melakukan aksi mogok. Akibatnya, aktivitas perusahaan lumpuh total. Foto/Chanry AS
A+ A-
WAISAI - Ratusan karyawan lokal PT GAG Nikel dan masyarakat pulau Gag, Kampung Gag, Distrik Wigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, berunjuk rasa dengan melakukan aksi mogok, Minggu (3/2/2019).

Dalam aksinya mereka juga memblokade jalan dan aktivitas operasional perusahaan tambang Nikel yang beroperasi di wilayah Raja Ampat tersebut. Aksi mogok karyawan PT GAG Nikel yang merupakan anak perusahaan PT Antam TBk ini dipicu kebijakan dan janji perusahaan yang tidak dipenuhi pihak perusahan.

Unjuk rasa itu dilakukan sejak Sabtu (2/2/2019) hingga saat ini sehingga menyebabkan operasional tambang tidak berjalan. Sahid Ibrahim, salah satu koordinator aksi mewakili karyawan lokal mengatakan, aksi mereka dilakukan secara spontanitas oleh lebih kurang 200 orang. (Baca Juga: Kapal Mogok di Tengah Laut, DPRD Raja Ampat Panggil Pengelola)



Menurut Sahid, karyawan lokal dan masyarakat tidak setuju atau tidak menerima kebijakan pimpinan perusahaan PT GAG Nikel yang bekerja sama dengan PT OMI (penyalur tenaga kerja) sehingga semua tenaga kerja akan dialihkan/dipindahkan status melalui PT OMI.

Dalam aksinya, karyawan menyampaikan beberapa tuntutan. Di antaranya para karyawan lokal harus bekerja di PT GAG Nikel dan menolak sistem outsourcing melalui PT OMI yang diduga merupakan perusahaan dari BUMD Pemda Raja Ampat.

Selain itu, karyawan menunut PT GAG Nikel harus melatih putra-putri lokal untuk menempati posisi-posisi penting di PT GAG Nikel. Hal-lain yang menjadi tuntutan karyawan yakni PT GAG Nikel harus memberikan fasilitas merata terhadap seluruh karyawan yang bekerja pada perusahaan tambang tersebut.

"Karena selama ini ada perbedaan dialami karyawan lokal dan karyawan dari luar. Kami harap ada pemerataan, tuntutan kami selalu melalui demo. Sudah berapa kali kami sampaikan, tapi pihak perusahaan acuh. Apabila PT GN tidak memenuhi tuntutan kami, maka semua kegiatan dihentikan sementara sampai ada kesepakatan bersama,” tegas Sahid.
Karyawan Lokal Mogok, PT GAG Nikel Raja Ampat Lumpuh

Akibat aksi mogok ini, aktivitas perusahaan lumpuh total. Karyawan hanya beristirahat di barak-barak karyawan.

PT GAG Nikel berada di Kampung Gag Distrik Waigeo Barat Kepulauan Kabupaten Raja Ampat bergerak di bidang industri pertambangan nikel ang masuk ke tahapan Produksi pada tahun 2017. Sebelumnya masih pada tahapan eksplorasi dan diduga kerap bermasalah dengan pihak karyawan lokal.

Manager PT GAG Nikel Sorong, Rudi yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya. Sedangkan humas lokal PT GAG Nikel, Hairu Mujudin yang dihubungi melalui sambungan telepon selulernya juga tidak aktif. (Baca Juga: Kantor DPRD Raja Ampat Disegel Masyarakat Adat)
(rhs)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak