alexametrics

Gempa Bumi 5 SR Guncang Kabupaten Morotai, Tidak Berpotensi Tsunami

loading...
Gempa Bumi 5 SR Guncang Kabupaten Morotai, Tidak Berpotensi Tsunami
Gempa bumi 5 SR wilayah Morotai, Provinsi Maluku Utara, Rabu, 6 Februari 2019, pukul 07.17 WITA, tidak berpotensi tsunami. Foto/Dok BMKG
A+ A-
MOROTAI - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Morotai, Provinsi Maluku Utara pada Rabu, 6 Februari 2019, pukul 07.17 WITA. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan 5,1 skala richter (SR) yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 5 SR.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,63 LU dan 128,38 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 km arah utara Kota Daruba, Kabupaten Morotai, Maluku Utara pada kedalaman 48 km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami. (Baca Juga: Gempa Berkekuatan 6,1 SR Guncang Kepulauan Nias)

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Laut Filipina ke bawah Lempeng Mikro Halmahera.



Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi itu dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault). (Baca Juga: Gempa 6,0 SR Guncang Kepulauan Mentawai, Tidak Berpotensi Tsunami)

Guncangan gempa dirasakan di daerah Morotai dan Tobelo dalam skala intensitas II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

“Hingga pukul 08.27 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak