alexametrics

Evakuasi Tugboat Mega Daya Mati, KN SAR Purworejo Dikerahkan

loading...
Evakuasi Tugboat Mega Daya Mati, KN SAR Purworejo Dikerahkan
Kepala Seksi Operasional Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Eko Suprianto. Foto/Muhammaad Bunga Ashab/Dok
A+ A-
BATAM - Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang mengerahkan kapal KN SAR Purworejo menuju kapal Tugboat Mega Daya 17 yang dilaporkan mati mesin di tengah laut perbatasan Indonesia-Singapura, Jumat (1/2/2019) malam.

Posisi Tugboat Mega Daya 17 dilaporkan mati mesin pada koordinat 01.03.37 N - 103.43.25 E arah barat daya Pulau Batam.

"Kita terima info Maritime and Port Authority (MPA) Singapura bahwa kapal TB Mega Daya 17 mengalami mati mesin dan meminta bantuan," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Budi Cahyadi melalui Kepala Seksi Operasional Eko Suprianto.

Eko menyampaikan, adapun jrak dari Pos SAR Batam ke lokasi ditarik garis lurus 13 Nautical Mile (NM)/70° atau jarak dari Pelabuhan Sekupang ke lokasi mengikuti alur pelayaran kurang lebih 18 NM. Adapun data kapal TB Mega Daya 17, MMSI: 525003635, berbendera Indonesia dengan panjang kapal 17 meter.

"Kira-kita jarak tempuh selama 1,5 jam ke posisi TB Mega Daya 17," kata dia.

Eko menuturkan, kapal KN SAR Purworejo beserta kru kapal sebanyak 18 orang dan 3 orang resquer Pos SAR Batam bergerak menuju lokasi. Informasi yang diperoleh Tugboat Mega Daya 17 berlayar dari Tanjungbalai Karimun menuju Singapura. Eko menyampaikan, untuk jumlah kru kapal (Tugboat Mega Daya 17) belum diketahui dan sedang dicari informasi lebih lanjut.

"Tim SAR sudah bergerak ke lokasi. Untuk perkembangan nanti akan diinfokan setelah dapat laporan dari lapangan," ujar Eko.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak