Program Bale Berdaya Bangun Fondasi Ekonomi Sumbawa

Selasa, 07 Mei 2024 - 19:43 WIB
loading...
Program Bale Berdaya Bangun Fondasi Ekonomi Sumbawa
Ekosistem UMKM di Sumbawa, NTB melalui program pemberdayaan Bale Berdaya diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Foto/Ist
A A A
SUMBAWA - Ekosistem UMKM di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui program pemberdayaan Bale Berdaya diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Berdasarkan data dari Provinsi NTB, saat ini terdapat lebih dari lebih dari 5.500 UMKM di wilayah Sumbawa.



Para pelaku usaha yang didominasi oleh sektor usaha dari bidang makanan dan minuman, tekstil, kerajinan tangan, dan pariwisata ini, berperan penting dalam menggerakan roda perekonomian daerah dan penciptaan lapangan kerja.

Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah menjelaskan, sektor UMKM di Sumbawa memiliki begitu banyak produk yang potensial. Di antaranya kopi, madu hingga manjareal yang perlu pembinaan untuk semakin berkembang, baik dari aspek produksi maupun pemasarannya.

"Sehingga memiliki nilai jual dan daya saing yang tinggi," katanya, dikutip Selasa (7/5/2024).

Dia menambahkan, kontribusi sektor UMKM berpotensi terus tumbuh seiring dengan meningkatnya permintaan akan produk lokal, berkembangnya sektor pariwisata, dan dukungan pemerintah maupun swasta yang berkesinambungan.



Upaya kolektif dari berbagai pihak berperan penting dalam menjawab berbagai tantangan yang dihadapi UMKM lokal, khususnya dalam hal peningkatan kapasitas, kualitas, dan produktivitas.

Pemerintah daerah dan perusahaan swasta telah meluncurkan berbagai program dan inisiatif untuk mendukung pengembangan UMKM di Sumbawa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)