alexametrics

38 Diguncang Gempa dalam Sehari, Rekor Tertinggi Terjadi di NTT

loading...
38 Diguncang Gempa dalam Sehari, Rekor Tertinggi Terjadi di NTT
Sampai malam ini, Selasa (22/1/2019), gempa susulan masih terus mengguncang wilayah Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
KUPANG - Sampai malam ini, Selasa (22/1/2019), gempa susulan masih terus mengguncang wilayah Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan rilis terbaru, jumlah guncangan gempa di Kabupaten Sumba Barat terjadi sebanyak 38 kali.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Waingapu, Arief Tyastama mengatakan, untuk bulan Januari 2019 catatan gempa terbanyak terjadi pada hari ini sejak pagi hingga malam ini yakni 38 kali khusus di Sumba dan satu gempa di TTU. "Untuk bulan Januari ini memang yang terbanyak catatan gempanya khusus wilayah NTT," jelasnya.

Diketahui gempa pertama berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) terjadi pada pukul 06.59.21 WIB. Lokasi gempa pada 10.52 LS dan 119.05 BT atau sekitar 103 km Barat Daya Kabupaten Sumba Barat, NTT dengan Kedalaman 10 Km. Getaran gempa dirasakan sampau di Sumbawa pada skala III MMI.



Selain wilayah Kabupaten Sumba Barat, gempa yang sama juga terjadi malam ini di wilayah perbatasan Indonesia Timor Leste tepatnya 53 Km BaratLaut kabupaten Timor Tengah Utara berkekuatan 2,9, SR. Gempa berlokasi pada 9.22 LS dan 124.17 BT.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak