Badan Geologi: Gunung Ruang di Sitaro Alami 7 Kali Gempa Tektonik

Selasa, 07 Mei 2024 - 13:00 WIB
loading...
Badan Geologi: Gunung Ruang di Sitaro Alami 7 Kali Gempa Tektonik
Badan Geologi melaporkan aktivitas Gunung Ruang di Sulawesi Utara yang saat ini berada pada Level IV atau Awas, Selasa (7/5/2024). Foto/PVMBG
A A A
SITARO - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan update terkini aktivitas Gunung Ruang di Sulawesi Utara yang saat ini berada pada Level IV atau Awas, Selasa (7/5/2024).

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Muhammad Wafid mengatakan, pada pukul 06.00 WITA 7 kali Gempa Tektonik Jauh dan tremor menerus masih terekam melalui stasiun RUA4.

”Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 400 m di atas puncak kawah,” ucap Wafid dalam keterangannya, Selasa (7/5/2024).



Wafid mengatakan, asap masih teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang - tebal dan tinggi 100 - 700 m di atas puncak ”Hal ini masih mengindikasikan aktivitas Gunung Ruang masih tinggi,” ujarnya.

Wafid menyebut, potensi bahaya saat ini berupa erupsi yang menghasilkan awan panas, lontaran material pijar, dan paparan abu vulkanik yang bergantung pada arah dan kecepatan angin serta lahar bila hujan deras turun di sekitar Gunung Ruang.

Dengan masih tingginya aktivitas Gunung Ruang, kata Wafid, pihaknya mengeluarkan enam rekomendasi bagi masyarakat dan pemerintah.

Pertama, masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 5 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.



”Kedua, masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang berada dalam radius 5 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 5 km,” imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6951 seconds (0.1#10.140)