Gubernur NTT Wacanakan Penutupan Taman Nasional Komodo

Senin, 21 Januari 2019 - 21:36 WIB
Gubernur NTT Wacanakan Penutupan Taman Nasional Komodo
Gubernur NTT Wacanakan Penutupan Taman Nasional Komodo
A A A
KUPANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) mewacanakan penutupan lokasi wisata Taman Nasional Komodo dari kunjungan wisatawan selama satu tahun. Gebrakan ini dilakukan guna meningkatkan jumlah populasi rusa yang menjadi makanan utama komodo.

“Penutupan dilakukan guna meningkatkan jumlah populasi rusa yang menjadi makanan utama komodo. Selain itu, Pemerintah Provinsi NTT akan menata Taman Nasional Komodo lebih baik, sehingga habitat komodo menjadi lebih berkembang,” kata Gubernur NTT Viktor Bungtilu Lasikodat, Senin (21/1/2019).

Viktor Laiskodat mengatakan, kondisi habitat komodo sudah semakin berkurang serta kondisi tubuh komodo yang kecil, sebagai dampak berkurangnya rusa karena maraknya perburuan liar di dalam area taman tersebut. Karena itu, dia khawatir komodo akan saling memangsa untuk mempertahankan hidup.

“Penataan kawasan Taman Nasional Komodo dilakukan sebagai bentuk perlindungan yang dilakukan negara terhadap komodo, yang menjadi habitat langka dunia dan dilindungi dari kepunahan,” tambahnya. Sebelumnya Gubernur NTT juga berencana untuk menaikkan tarif masuk Taman Nasional Komodo bagi wisatawan.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8340 seconds (0.1#10.140)