alexametrics

Tebing Tujuh Meter Longsor, Dua Rumah Warga Rusak

loading...
Tebing Tujuh Meter Longsor, Dua Rumah Warga Rusak
Sejumlah warga Dusun Muncar Lor, Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung kerja membersihkan tanah longsor yang menimpa rumah Kilimin, Senin (21/1/2019). SINDOnews/Angga Rosa
A+ A-
TEMANGGUNG - Dua rumah warga Dusun Muncar Lor, RT 08 RW 02, Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, rusak tertimbun longsor. Dua rumah warga tertimbun material longsor tebing setinggi tujuh meter setelah diguyur hujan deras, Minggu 20 Januari 2019 sore.

Dua rumah yang rusak milik Klimin (43) dan Wardi (75) warga Dusun Muncar Lor RT 08 RW 02 Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung. Kerugian akibat tanah longsor di Dusun Muncar Lor tersebut ditaksir mencapai Rp35 juta.

Plt Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan, tebing tersebut longsor karena tergerus derasnya arus air hujan. Kondisi tanah pada dua tebing tersebut gembur sehingga saat terjadi hujan deras rawan longsor.



"Tidak ada korban jiwa dalam bencana tanah longsor di Dusun Muncar Lor. Kami sudah melakukan assesment dan penanganan. Tadi personil BPBD bersama masyarakat, anggota TNI dan Polri kerja bakti membersihkan material yang menimpa rumah warga dan yang menutup jalan," katanya, Senin (21/1/2019).

Dia meminta kepada masyarakat yang bermukim di daerah perbukitan dan daerah rawan bencana tanah longsor untuk meningkatkan kewaspadaan saat terjadi hujan deras. "Saat terjadi hujan deras jangan berada di sekitar tebing. Cari tempat yang aman untuk menghindari bencana tanah longsor," ujarnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak