Dipengaruhi Supermoon, Rob Bakal Terjang Pesisir Utara Selatan Jateng

Sabtu, 19 Januari 2019 - 14:30 WIB
Dipengaruhi Supermoon, Rob Bakal Terjang Pesisir Utara Selatan Jateng
Dipengaruhi Supermoon, Rob Bakal Terjang Pesisir Utara Selatan Jateng
A A A
SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah pesisir Utara dan Selatan Jawa Tengah, termasuk di wilayah pesisir Kota Semarang, agar ekstra waspada akan terjadinya pasang air laut.

Menyusul fenomena supermoon berbarengan dengan bulan purnama yang memicu limpasan air laut masuk ke darat atau rob. Perlu diketahui, supermoon terjadi akibat grativasi Bulan saat jaraknya paling dekat dari Bumi.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, Slamet Wiyono mengungkapkan, fenomena pasang air laut diprakirakan terjadi pada hari ini, Sabtu (19/1/2019) hingga Selasa (22/1/2019).

"Supermoon yang disertai bulan purnama akan memengaruhi pasang maksimal air laut. Untuk kawasan pesisir Kota Semarang yang biasa dilanda rob diperkirakan akan dilanda genangan yang lebih tinggi," ungkap Slamet Wiyono, Sabtu (19/1/2019).

Pihaknya, memprakirakan bahwa ketinggian maksimal naiknya permukaan air laut bisa mencapai 1 meter. Dan ketinggian maksimal diperkirakan akan terjadi pada tanggal 21 Januari 2019.

Dia menjelaskan, peningkatan permukaan air laut sendiri diprakirakan terjadi mulai malam hingga dini hari dengan durasi mencapai 6 jam.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7699 seconds (0.1#10.140)