alexametrics

KPU Demak Siapkan Layar Besar Nobar Debat Capres

loading...
KPU Demak Siapkan Layar Besar Nobar Debat Capres
KPU Demak, Jawa Tengah menyiapkan layar besar untuk nonton bareng (nobar) siaran langsung debat calon presiden dan calon wakil presiden, besok, Kamis 17 Januari. Foto/Dok SINDOnews
A+ A-
DEMAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak, Jawa Tengah menyiapkan layar besar untuk nonton bareng (nobar) siaran langsung debat calon presiden dan calon wakil presiden, besok, Kamis 17 Januari. Nobar dipusatkan di halaman kantor KPU Demak, Jalan Kiai Turmudzi Nomor 1, Demak.

Komisioner KPU Demak, Siti Ulfaati, mengimbau masyarakat untuk ikut serta nonton bareng debat perdana kontestan pilpres yang dimulai pukul 19.30 WIB. Sementara bagi yang belum bisa bergabung bisa menyimak tayangan langsung di televisi penyelenggara penyiaran, yaitu TVRI, KompasTV, RRI, dan RTV.

"Debat pilpres ini penting bagi masyarakat. Masyarakat bisa melihat langsung penyampaian visi misi serta progam yang diusung si calon presiden dan calon wakil presiden, tentunya juga sebagai pendidikan politik bagi masyarakat," ujar Ulfa, Rabu (16/1/2019).



Menurutnya, tayangan debat capres-cawapres itu bisa berpengaruh kepada masyarakat agar lebih mantap menentukan pilihan. Dengan debat tersebut, masyarakat pemilih akan melihat argumentasi rasional dan juga daya tarik personal dari masing-masing kandidat capres dan cawapres.

“Sehingga masyarakat nantinya juga mengerti dan tahu siapa yang akan dipilih. Yang sesuai dan menarik untuk kepentingan masyarakat. Tentu harapan besarnya adalah masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih bisa menggunakan hak pilihnya dengan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah disediakan,” tukasnya.

Ulfa mengatakan, debat capres-cawapres diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu Pasal 48, 49 dan 50. Pada Pasal 48 ayat (3) menyebutkan bahwa debat dilaksanakan sebanyak lima kali dengan rincian; dua kali untuk calon presiden, satu kali untuk calon wakil presiden dan dua kali untuk calon presiden dan wakil presiden.

“Dalam debat perdana yang digelar oleh KPU ini mengambil tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Debat akan diselenggarakan sebanyak empat kali lagi, 17 Februari, 17 dan 30 Maret, serta yang terakhir akan ditentukan tanggal dan tempatnya pada akhir Januari oleh KPU RI,” tandas Ulfa.

Sekadar diketahui, debat calon presiden dan calon wakil presiden pemilu 2019 yaitu pasangan nomor 01 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dan nomor 02 Prabowo Subianto- Sandiaga Salahuddin Uno.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak