alexametrics

Kebakaran 124 Hektare Hutan dan Lahan Riau Belum Tertangani

loading...
Kebakaran 124 Hektare Hutan dan Lahan Riau Belum Tertangani
Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau hingga kini belum bisa diatasi tim gabungan. Foto/Dok SINDOnews
A+ A-
PEKAN BARU - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau hingga kini belum bisa diatasi tim gabungan. Tercatat sudah 124 hektare musnah dilalap sijago merah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger mengatakan, petugas saat ini tengah melakukan pemadaman di Kepenghuluan Lenggadai Hilir, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rohil.

"Hingga saat ini kebakaran di Rohil sudah mencapai 87 hektare. Pemadaman di Rohil dilakukan oleh personil mangga aqni, TNI, Polisi dan PBBD Dumai," ucap Edwar Sanger, Rabu (16/1/2019).



Kebakaran juga terjadi di Jalan SMK, Kelurahan Tanjung Penyembal, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai. Pemadaman di Dumai diperkuat dengan 7 unit mobil termasuk milik TNI AD dan delapan sepeda motor yang dlengkapi dengan pompa air.

"Untuk di Kota Dumai, luas areal yang terbakar 5,5 hektare. Pemadaman oleh tim darat masih dilakukan," ulasnya.

Petugas gabungan lainnya juga berjuang melakukan pemadaman kebakaran di Desa Pambang Pesisir, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis. Kebakaran di wilayah pesisir Riau ini sudah terjadi sejak beberapa hari.

"Pada awal kebakaran, luas areal yang terbakar di Kecamatan Bantan hanya 3 hektar kini meluas menjadi 5 hektare," imbuhnya.

Api juga menyala di Dusun Senyongkong, Desa Tenggayun Raya, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Meranti. Sedikitnya 2 hektare lahan terbakar. BPBD bersama TNI dan Polri berjibaku melakukan pemadaman dan pendingan lahan.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak